google analitic

Script Google Adsense

Mengetahui Penyakit-Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia



Ada berbagai macam penyakit yang bisa menyerang sistem reproduksi manusia, yang disebabkan oleh beragam penyebab pula. Bakteri, virus, dan jamur merupakan penyebab kelainan dan penyakit di sistem reproduksi.


Berikut adalah beberapa kelainan dan penyakit yang menyerang sistem reproduksi manusia.

Gonorhoe (GO)


Bakteri Neisseria Gonorhoeae dan Kerusakan Mata Pada Penderita GO

Gonorhoe adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan ditularkan melalui kontak seksual. Penderita akan merasakan sakit pada saat kencing dan terkadang mengeluarkan nanah, serta keputihan berwarna hijau pada wanita.

Jika penderita tidak diobati, bakteri ini akan menyerang saluran reproduksi yaitu saluran sperma pada pria dan saluran tuba falopi pada wanita sehingga akan menyebabkan kemandulan. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kebutaan pada bayi yang baru lahir.

Sifilis


Gejala Penyakit pada Wajah Penderita Sifilis

Sifilis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini biasa ditularkan melalui kontak seksual, namun demikian bakteri ini juga dapat ditularkan melalui jalan lain, misalnya bayi yang dilahirkan dari seorang ibu penderita sifilis.

Sifilis juga dikenal sebagai penyakit raja singa.

Gejala awal penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya pada daerah sekitar kelamin. Penyakit ini dapat menyebar dan menyerang organ-organ tubuh lainnya, kemudian menimbulkan kerusakan pada organ tersebut.

Herpes Simplex Genitalis


Gejala Penyakit Herpes Pada Alat Kelamin

Penyakit herpes simplex genitalis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe II  yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus, dan vagina.

Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin. Pada daerah tersebut kemudian timbul beberapa lepuh kecil-kecil, selanjutnya lepuh menjadi pecah dan menimbulkan luka.

Penyakit herpes sulit sekali sembuh dan sering kambuh setelah beberapa bulan atau tahun.

HIV/AIDS


Virus HIV

AIDS adalah penyakit yang menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh pada manusia. AIDS (Acquired Immuno Defficiency Syndrome) disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodefficiency Virus).

Penyakit mematikan ini mulai dikenal pada tahun 70-an dan sampai tahun 2004 telah merenggut nyawa sebanyak 3,1 juta jiwa orang. Virus HIV akan merusak sistem kekebalan tubuh dengan cara menyerang sel darah putih.

Seorang pengidap AIDS tidak memiliki kekebalan tubuh untuk melindungi dirinya dari segala macam penyakit. Sehingga segala macam penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh.
Pada awalnya, orang yang terinfeksi HIV tampak seperti orang yang sehat dan tidak memperlihatkan gejala-gejala tertentu. Fase ini dapat terjadi selama 5 - 7 tahu  tergantung  kekebalan tubuh penderita.

Untuk memastikan apakah seseorang positif AIDS atau tidak, harus dilakukan pemeriksaan banyaknya sel T (salah satu sel darah putih yang berperan dalam imunitas) di laboratorium.
Selengkapnya mengenai HIV/AIDS akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Keputihan


Jamur Candida Albicans Penyebab Keputihan

Keputihan adalah penyakit kelamin yang terjadi pada perempuan dengan ciri-ciri terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih keabu-abuan pada bagian vagina.

Cairan tersebut bersifat encer maupun kental, berbau tidak sedap, dan bisa menyebabkan rasa gatal pada vagina. Penyakit ini bisa diakibatkan oleh infeksi jamur Candida albicans, bakteri, virus dan parasit.

Penyakit ini dapat terjadi apabila kebersihan bagian vagina dan sekitarnya kurang dijaga dengan baik.


Epididimitis 


Epididimitis adalah peradangan pada saluran epididimis yang disebabkan oleh infeksi atau karena terkena penyakit menular seksual.

Penyakit ini terjadi pada pria. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri disertai pembengkakan pada salah satu testis. Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini adalah perilaku seks bebas.

No comments:

Post a Comment