google analitic

Script Google Adsense

Organ-Organ Pernapasan Manusia



Satu hal yang pasti dilakukan manusia tanpa diperintahkan adalah bernapas. Pernapasan pada manusia didukung oleh organ-organ pernapasan, yaitu: hidung, pangkal tenggorok (faring), batang tenggorok (trakea), cabang batang tenggorok (bronkus), anak cabang batang tenggorok (bronkiolus), dan paru-paru (pulmo). Organ-organ pernapasan ini tergabung dan bekerja dalam suatu sistem pernapasan.

Organ pernapasan manusia


Hidung


Hidung adalah satu-satunya organ pernapasan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Organ pernapasan ini dilengkapi dengan bulu-bulu hidung, indra pembau, selaput lendir, dan konka. Fungsi bagian-bagian ini adalah:

  • menyaring debu dan kotoran, 
  • menyaring zat-zat berbahaya, 
  • menyaring bau tak sedap,
  • sebagai perangkap benda asing agar tak terhirup saat bernapas, 
  • menyamakan suhu udara dari luar yang dihirup dengan suhu tubuh atau untuk menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru.



Pangkal Tenggorok (Faring)


Setelah melalui rongga hidung, udara yang hangat dan lembap selanjutnya masuk ke faring. Faring adalah hulu kerongkongan yang merupakan percabangan dua saluran, yaitu saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.

Pada bagian jakun yang terletak pada pangkal tenggorok terdapat pita suara. Udara yang melalui faring akan menyebabkan pita suara bergetar dan terdengar sebagai suara.



Batang Tenggorok (Trakea)


Udara yang telah masuk ke saluran pernapasan selanjutnya masuk ke batang tenggorok (trakea). Fungsi batang tenggorok adalah untuk menyediakan tempat bagi udara yang dibawa masuk dan udara yang akan dikeluarkan.

Batang tenggorok atau trakea ini bercabang menjadi dua, disebut bronkus. Bronkus ini memasuki paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Cabang Batang Tenggorok (Bronkus)


Struktur cabang batang tenggorok (bronkus) hampir sama dengan trakea, tetapi lebih sempit. Bentuk tulang rawan pada bronkus tidak teratur, berselang seling dengan otot. Di dalam paru-paru, bronkus  ini bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus.

Anak Cabang Batang Tenggorok (Bronkiolus)


Di ujung-ujung bronkiolus terdapat gelembung-gelembung yang sangat kecil dan berdinding tipis. Struktur ini yang disebut alveolus. Alveolus tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, hanya dapat dilihat dengan mikroskop.

Paru-Paru (Pulmo)


Paru-paru merupakan alat pernapasan utama manusia. Paru-paru ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Paru-paru dibungkus oleh pleura, yaitu selaput rangkap dua yang berfungsi melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis.

Alveolus


Alveolus hanya dapat dilihat dengan mikroskop, ia terdapat di ujung akhir bronkiolus berupa kantung kecil yang salah satu sisinya terbuka. Dinding alveolus tersusun dari satu lapis sel yang lembab dan tipis, sehingga memudahkan molekul-molekul gas melaluinya. Dinding alveolus ini berbatasan dengan pembuluh kapiler darah untuk difusi gas pernapasan.

No comments:

Post a Comment