google analitic

Script Google Adsense

TEKS EKSEMPLUM


PENGERTIAN TEKS EKSEMPLUM


Teks eksemplum adalah teks yang menceritakan perilaku tokoh.

Biasanya teks eksemplum diawali dengan pengenalan tokoh, dilanjut dengan peristiwa yang dialami oleh tokoh, lalu ditutup dengan interpretasi yang timbul dari tokoh tersebut.

Teks ini termasuk jenis karya yang mengandung pengalaman hidup manusia.


CIRI-CIRI TEKS EKSEMPLUM


Untuk membedakan teks eksemplum dengan yang teks yang lain, maka mari kita kenali ciri ciri dari teks eksemplum
  1. Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
  2. Mempunyai struktur lengkap.
  3. Adanya urutan peristiwa yang jelas.
  4. Menggunakan bahasa naratif.
  5. Struktur Teks Eksemplum

STRUKTUR TEKS EKSEMPLUM


Adapun elemen yang menyusun teks eksemplum sehingga menjadi utuh, dan memang sudah keharusan teks ini harus memiliki struktur lengkap. Berikut strukturnya:
  1. Orientasi, merupakan bagian awal teks eksemplum yang berisi tentang pengenalan tokoh. Contoh: Arul adalah siswa SMP yang pelupa dan tidak sabaran.
  2. Insiden, merupakan bagian teks eksemplum yang mengandung permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. Contoh: Arul lupa mengerjakan pekerjaan rumah yang diberi oleh gurunya karena kemarin malam tertidur.
  3. Interpretasi, merupakan bagian teks eksemplum yang mengandung pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dialami oleh tokoh. Contoh: Arul seharusnya mengerjakan pekerjaan rumah di siang hari


UNSUR KEBAHASAAN TEKS EKSEMPLUM


Di dalam teks eksemplum mengandung unsur-unsur keHampir sama dengan teks prosedur kompleks yang banyak menggunakan konjungsi, di unsur kebahasaan teks eksemplum juga terdapat konjungsi, berikut ini unsur-unsurnya:
  1. Menggunakan Kalimat Kompleks
  2. Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  3. Menggunakan Kata Rujukan
  4. Menggunakan Kata Kerja


CONTOH TEKS EKSEMPLUM


Orientasi


Sepulang sekolah, aku pergi mencari makan. Karena malas berjalan jauh, aku memutuskan membeli soto di gang depan. Ternyata disana aku bertemu kakakku yang juga membeli soto. Setibanya di rumah kakakku langsung makan soto. Sedangkan aku harus menunggu soto itu supaya dingin.


Insiden


Padahal aku sudah tidak sabar ingin makan. Akhirnya aku putuskan untuk membuka plastik soto yang masih sangat panas itu. Dengan tergesa-gesa, aku membuka plastik soto. Ternyata plastik yang aku gigit terbuka terlalu lebar, sehingga membuat soto tumpah ke luar dari mangkuk dan membasahi celanaku.

Aku kaget dan malu di depan kakakku. Kakakku tertawa melihatku. Lalu dia berkata kepadaku supaya lebih hati-hati dalam membuka plastik soto. Alhasil aku tidak jadi untuk makan siang.


Interpretasi


Berdasarkan cerita diatas, kita bisa belajar bahwa jangan tergesa-gesa dan hati-hati dalam mengambil keputusan. Kita harus memperhitungkan apa akibat yang kemungkinan akan muncul dari dari keputusan yang telah kita ambil.

Sehingga kita mendapat kesimpulan bahwa teks eksemplum adalah teks yang menceritakan pengalaman seseorang. Dalam menyusun teks ini harus memperhatikan 3 struktur utama nya, yakni orientasi, insiden, dan interpretasi.


CONTOH SOAL EKSEMPLUM 


1. Kami berangkat kursus musik dengan sepeda berboncengan. Di jalan tiba-tiba handphoneku berbunyi. Kemudian aku pun mencoba mengambil handphone di saku celana sambil mengayuh sepeda. Tiba-tiba dari arah depan sepeda motor putar arah tanpa menyalakan reting. Aku gugup dan tidak bisa mengontrol keseimbangan sepedaku. Akhirnya, kami pun bertabrakan. Aku dan Edo jatuh dari sepeda. Sepedaku rusak parah, handphone juga remuk, dan kami terluka parah.
Paragraf tersebut termasuk bagian teks eksemplum dengan struktur .....

2. Aku memiliki pengalaman jatuh dari sepeda. Ketika itu aku masih kelas VIII SMP. Saat pulang sekolah, kudapati kamarku berantakan, aku langsung membersihkan kamar. Adikku tiba-tiba datang minta diantar les musik di rumah gurunya.

Paragraf tersebut termasuk bagian teks eksemplum dengan struktur .....

3. Peristiwa tersebut menjadikan kami tahu bahwa nasihat orang tua tidak boleh diabaikan. Jika saat itu kami menuruti nasihat orang tua, hal tersebut tidak terjadi. Sejak kejadian itu kami menjadi lebih berhati-hati dan selalu mematuhi nasihat orang tua.

Paragraf tersebut termasuk bagian teks eksemplum dengan struktur .....

4. Bagian yang menjadi pembuka atau pendahuluan dalam teks eksemplum disebut....

5. Saya dan teman-teman di halaman rumahku sedang asyik bermain petak umpet. Temanku ada yang bersembunyi di atas pohon. Tiba-tiba temanku itu terjatuh. Kakinya patah dan harus di bawa ke rumah sakit. 

Paragraf tersebut termasuk struktur teks eksemplum bagian....

6. Aku mempunyai pengalaman yang mengerikan. Ketika saya pulang dari sekolah, tiba-tiba ada seorang laki-laki yang perawakannya tinggi besar, berkulit hitam, berambut kriting, dan ada tato di lengan kanannya. 

Paragraf tersebut termasuk struktur teks eksemplum bagian....

7. Niat baik tidak selalu bersambut baik. Kadang, niat baik justru mencelakakan diri kita sendiri. Kerenanya, pada saat tertentu kita perlu waspada terhadap niat baik yang akan kita lakukan.Aku punya pengalaman yang menyedihkan pekan lalu.
Minggu lalu, saat aku pergi ke pasar, ada seorang ibu yang sedang menangis. 

Struktur teks eksemplum yang sudah nampak pada paragraf tersebut adalah...

8. Perhatikan teks berikut! 
Teks 1 
Niat baik tidak selalu bersambut baik. Kadang, niat baik justru mencelakan diri kita sendiri. Kerenanya, pada saat tertentu kita perlu waspada terhadap niat baik yang akan kita lakukan. Teks 2 
Aku berterima kasih kepada Tuhan kerana menyelamatkanku waktu itu. Sekarang, aku menyadari bahwa jika kita membantu orang lain, kita harus berhati-hati. Hal yang aneh jika kita memberikan tumpangan kepada seseorang yang belum dikenal ketika di jalan 

Perbedaan struktur teks eksemplum dari dua kutipan paragraf tersebut adalah....

9. (1) Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda miskin macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro, semampai seperti Luna Maya padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila.

Apa watak dari tokoh dia? Jelaskan dari kalimat keberapa, kamu bisa membuktikannya?

10. Ia segera masuk dan menubruk ibunya yang mengatur meja makan, Resti hampir menangis.
“Resti, kamu kenapa?” tanya ibu dengan keheranan, ‘Mana mas Robi?” Resti memandang ibunya. “Mas Robi? Resti tidak tahu,Bu.”
     “Iya, tadi ibu kawatir karena kamu belum pernah naik bus sendirian, jadi ibu telepon Mas Robi minta menjemputmu.”
     “Ah ibu, Resti kan sudah besar, mestinya ibu tidak seperti itu,” tukas Resti

Bagaimana watak Resti?


No comments:

Post a Comment