google analitic

Script Google Adsense

Penyebaran Biji Tumbuhan



Setelah terjadi fertilisasi atau pembuahan, bakal biji akan berkembang menjadi biji. Dalam prosesnya sering terjadi penyebaran biji baik secara alami yang tak disengaja maupun dengan bantuan manusia.

Karena itu sering kita temui tumbuhan yang tempat tumbuh induknya berjauhan dengan tempat tumbuh anaknya. Penyebaran biji yang jauh dari induk akan meningkatkan peluang biji untuk tumbuh dan berkembang dengan baik menjadi individu baru.


Hal ini dikarenakan biji yang tumbuh pada suatu area yang dekat dengan induk, akan berkompetisi dengan induk untuk mendapatkan cahaya, air, dan nutrisi.

PERANTARA PENYEBARAN BIJI


Berikut adalah perantara dalam proses penyebaran biji beserta istilahnya

Anemokori



Anemokomori adalah proses penyebaran biji dengan bantuan angin (anemo=angin). Ciri tumbuhan yang penyebarannya dengan cara ini adalah bijinya kecil, ringan, dan bersayap.

Contohnya adalah biji bunga Dandelion. Biji yang ringan dan kecil tidak terlalu dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Keberadaan sayap pada biji membantu biji mudah terbawa angin. Arah gerak biji mengikuti arah gerak angin


Hidrokori




Proses penyebaran biji dengan bantuan air disebut hidrokori (hidro=air). Ciri tumbuhan yang penyebarannya dengan cara ini adalah hidupnya di dekat daerah perairan, misalnya di pantai
ataupun tumbuhan yang hidup di air, contohnya adalah pohon kelapa dan bakau.


Zookori


Proses penyebaran biji dengan bantuan hewan disebut zookori (zoo=hewan). Penyebaran ini dibagi
menjadi empat, yaitu entomokori, kiropterokori, ornitokori, dan mammokori.

a. Entomokori,


Entomokori adalah penyebaran biji dengan perantara serangga. Contohnya adalah wijen dan tembakau.

b. Kiropterokori


Kiropterokori adalah penyebaran biji dengan perantara kelelawar. Contohnya adalah jambu biji dan pepaya.

c. Ornitokori


Ornitokori adalah penyebaran biji dengan perantara burung. Tumbuhan yang  penyebarannya dengan cara ini adalah tumbuhan yang buahnya menjadi makanan burung, tetapi bijinya tidak dapat tercerna. Biji tersebut akan keluar dari tubuh burung bersamaan dengan kotoran burung. Contohnya adalah beringin dan benalu.

d. Mammokori


Mammokori adalah penyebaran biji dengan perantara mamalia. Contohnya adalah hewan luwak yang membantu dalam proses penyebaran biji kopi.

Antropokori


Petani Kopi

Antropokori adalah proses penyebaran biji dengan bantuan manusia (antro=manusia). Proses penyebaran dengan cara ini dapat terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Penyebaran biji yang secara tidak sengaja dilakukan oleh manusia sengaja apabila biji tumbuhan tersebut memiliki struktur yang mudah melekat pada pakaian. Contohnya adalah rumput.

Penyebaran biji dengan sengaja sering dilakukan manusia terutama pada bidang pertanian dan komoditas perkebunan. Contohnya adalah kopi yang endemiknya dari Afrika sekarang menyebar ke seluruh penjuru dunia.

No comments:

Post a Comment