google analitic

Script Google Adsense

Reproduksi Pada Hewan


Perkembangbiakan pada hewan terjadi secara aseksual maupun secara seksual. Hewan tingkat rendah atau avertebrata (tidak mempunyai tulang belakang) dapat bereproduksi secara seksual dan aseksual. Sedangkan pada hewan tingkat tinggi (hewan yang memiliki tulang belakang) hanya bereproduksi secara seksual saja.

Reproduksi Aseksual Pada Hewan


Reproduksi aseksual adalah reproduksi yang terjadi tanpa didahului peleburan sel kelamin jantan dan betina. Reproduksi aseksual pada hewan umumnya terjadi pada hewan tingkat rendah/avertebrata.

Terdapat lima macam reproduksi aseksual pada hewan, yaitu pembelahan biner, pembelahan ganda, pembentukan tunas, regenerasi, dan partenogenesis.

Contoh hewan yang melakukan reproduksi aseksual antara lain: cacing pita, Plasmodium, Hydra, lebah madu, cacing tanah, bintang laut, dan lain-lain.

Reproduksi Seksual Pada Hewan


Sebagian besar hewan bereproduksi secara seksual. Reproduksi seksual terjadi melalui proses perkawinan antara hewan jantan dengan betina. Melalui proses ini akan terjadi proses fertilisasi atau pembuahan.

Proses fertilisasi adalah proses peleburan antara inti sel sperma dan inti sel telur. Proses fertilisasi akan menghasilkan zigot, selanjutnya zigot akan berkembang menjadi embrio (calon anak) dan pada tahap selanjutnya embrio akan berkembang menjadi individu baru.

Proses fertilisasi pada hewan dapat terjadi dengan dua cara, yaitu fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.

1. Fertilisasi internal



Fertilisasi internal adalah proses fertilisasi yang terjadi di dalam tubuh hewan. Jadi proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur terjadi di dalam tubuh hewan betina.

Contoh hewan yang melakukan fertilisasi internal antara lain: sapi, ayam, buaya, kura-kura, burung, dan lain-lain.


2. Fertilisasi eksternal


Fertilisasi eksternal adalah proses fertilisasi yang terjadi di luar tubuh hewan. Proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur terjadi di luar tubuh hewan betina.

Hewan yang melakukan fertilisasi eksternal biasanya adalah hewan yang hidup di perairan seperti ikan.


No comments:

Post a Comment