google analitic

Script Google Adsense

Klasifikasi Makhluk Hidup: Dunia Protista



Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang kingdom Monera, maka pada artikel kali ini kita akan belajar tentang kingdom/dunia Protista. Protista adalah organisme bersel satu, sama seperti Monera, tetapi Protista memiliki selaput inti atau eukariotik.


Ciri-Ciri Kingdom Protista


Ciri-ciri kingdom Protista adalah:

  1. Protosta ada yang hidup terpisah maupun berkoloni, atau merupakan organisme multiseluler sederhana.
  2. Memiliki selaput inti sehingga disebut eukariota. Eukariota adalah organisme yang inti selnya terlindung oleh selaput inti. 
  3. Kebanyakan bersifat heterotrof. Heterotrof adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik lain untuk hidup. Heterotrof tidak dapat membuat makanan sendiri dalam rantai makanan dan hanya bergantung pada makhluk hidup lainnya.
  4. Berkembang biak dengan cara kawin (seksual) dan tak kawin (aseksual). Secara kawin (seksual) dengan konjugasi sedangkan secara tak kawin (aseksual) dengan cara membelah diri. Konjugasi adalah cara perkembangbiakan generatif (kawin/seksual) untuk makhluk hidup yang belum dapat dibedakan jenis kelaminnya.

Protista ada yang menyerupai hewan, ada pula yang menyerupai jamur. Protista yang menyerupai hewan adalah dari golongan Protozoa, meliputi Cilliata (contoh: Paramaecium), Rizhopoda (contoh: Amoeba), Flagellata (contoh: Euglena), dan Sporozoa (contoh: Plasmodium, yang merupakan penyebab malaria)

amoeba - paramaecium - euglena - volvox

Sementara Protista yang menyerupai jamur adalah dari golongan jamur lendir (Myxomycota). Jamur lendir ini bersifat fagosit; yaitu menelan bakteri, hama, spora dan komponen organik lain, serta dapat bergerak seperti Amoeba.

Struktur Tubuh Protista


Struktur tubuh Protista ada juga yang menyerupai tumbuhan, yaitu ganggang. Ganggang bersel satu soliter, contohnya Chlorella (yang dapat diolah menjadi makanan berprotein tinggi), dan ganggang bersel satu koloni contohnya Volvox. Ganggang bersel banyak ada pula yang berbentuk benang, misalnya Spirogyra. Spirogyra ini mampu berkonjugasi dan memiliki pita klorofil.

Ada pula ganggang bersel banyak yang mempunyai bagian layaknya tumbuhan seperti akar, batang, dan daun. Contohnya adalah Euceuma spinosum yang berwarna agak kemerahan dan mempunyai klorofil. Euceuma spinosum ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan, atau lebih tepatnya cemilan, yaitu berupa agar-agar.

eucema spinosum


Perbedaan antara Monera dengan Protista.


Berikut adalah perbedaan antara kingdom Monera dengan kingdom Protista.

Kingdom Monera
Kingdom Protista
Tidak memiliki inti sejati
Memiliki inti sel yang terikat dalam membran inti
Tidak memiliki organel
Memiliki organel
Membelah secara amitosis
Membelah secara mitosis
Reproduksi secara seksual
Reproduksi seksual dan aseksual
Ukuran lebih kecil dari Protista
Ukuran lebih besar dari Monera
Tidak mempunyai membran inti sel
Mempunyai membran inti sel

No comments:

Post a Comment