google analitic

Script Google Adsense

Pengertian Senyawa beserta contohnya



Senyawa adalah zat tunggal/murni yang dapat diuraikan menjadi dua atau lebih zat yang lebih sederhana dengan proses kimia biasa.

Senyawa terdiri dari dua buah unsur atau lebih. Suatu senyawa masih dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnya. Misalnya, air yang memiliki rumus H2O dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen (H) dan oksigen (O).


Air dan H2O


Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan senyawa. Sebut saja air, gula, garam, dan beberapa bahan lainnya. Kita telah mengetahui pula dari artikel sebelumnya, bahwa bagian terkecil dari sebuah unsur adalah atom. Dua atom atau lebih dapat bergabung dan membentuk molekul melalui reaksi kimia.

MOLEKUL


Molekul adalah bagian terkecil dari suatu senyawa.  Senyawa sendiri terbentuk melalui proses pencampuran unsur secara kimia. Walaupun senyawa terbentuk dari unsur-unsur, namun sifat suatu senyawa akan berbeda dengan sifat unsur- unsur penyusunnya.

Misalnya, senyawa air yang tersusun dari gas hidrogen dan oksigen. Sifat air berbeda dengan sifat gas hidrogen dan oksigen sebagai unsur penyusunnya. Pada suhu kamar air mempunyai wujud cair, sementara hidrogen dan oksigen, keduanya berwujud gas. Air bisa digunakan untuk memadamkan api, sedangkan unsur penyusunnya yaitu hidrogen merupakan zat yang mudah terbakar dan gas oksigen merupakan zat yang diperlukan dalam pembakaran.

Garam dapur atau natrium klorida adalah suatu senyawa. Senyawa ini terbentuk dari unsur natrium dan klorin. Demikian juga dengan gula tebu atau sukrosa, yang terbentuk dari unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.

Unsur-unsur penyusun dalam tiap senyawa mempunyai perbandingan massa yang tetap dan tertentu. Misalnya,
  1. Air (H2O), perbandingan massa unsur-unsur penyusun air, yaitu  Hidrogen : Oksigen adalah 1 : 8 
  2. Gula (C12H22O11), perbandingan massa unsur-unsur penyusunnya yaitu Karbon : Oksigen : Hidrogen adalah 72 : 88 : 11 
  3. Etanol (C2H5OH), perbandingan massa unsur-unsur penyusun Ethanol yaitu Karbon : Oksigen : Hidrogen adalah 12 : 8 : 3

Senyawa dapat diuraikan menjadi dua unsur atau lebih melalui proses kimia biasa.
Tabel berikut menunjukkan beberapa kegunaan senyawa.

tabel kegunaan senyawa



No comments:

Post a Comment