google analitic

Script Google Adsense

Mengenal Berbagai Macam Rangkaian Listrik




Rangkaian listrik dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup. 

Rangkaian listrik terbuka adalah sebuah rangkaian listrik yang memiliki ujung-ujung rangkaian. Sedangkan rangkaian listrik tertutup adalah sebuah rangkaian listrik yang tidak memiliki ujung-ujung rangkaian. Di dalam rangkaian listrik tertutup ini arus listrik mengalir mengikuti jenis rangkaian.

Rangkaian listrik juga masih bisa dibedakan menjadi dua macam lagi yaitu rangkaian tidak bercabang atau disebut juga rangkaian seri, serta rangkaian bercabang yang disebut juga sebagai rangkaian paralel.

Rangkaian seri (kiri) dan paralel (kanan)

Rangkaian Seri


Rangkaian tidak bercabang atau rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang tidak memiliki percabangan kabel. Tidak adanya percabangan kabel pada rangkaian listrik seri mengakibatkan aliran listrik akan terputus jika salah satu ujung kabel terputus, sehingga arus tidak ada yang mengalir di dalam rangkaian dan berakibat seluruh lampu akan mati. 

Di dalam rangkaian seri, daya hantarnya lebih stabil agar arus listrik terbagi secara merata. Karena itu, aliran listrik dalam rangkaian seri harus stabil dan tinggi.

Rangkaian Paralel


Rangkaian paralel adalah sebuah rangkaian listrik yang memiliki percabangan. Jadi jika ada salah satu ujung kabel terputus, maka arus listrik akan tetap mengalir pada kabel lainnya yang masih terhubung.

Jika pada rangkaian seri jumlah kuat arusnya (I) sama. Maka pada rangkaian paralel, yang sama pada tiap komponen di dalamnya adalah tegangan (V).




No comments:

Post a Comment