google analitic

Script Google Adsense

Langkah-Langkah Pencegahan Penyakit Reproduksi Pada Manusia



Seperti diuraikan pada artikel sebelumnya, penyebab timbulnya penyakit pada sistem reproduksi manusia adalah karena virus, bakteri, jamur, ataupun parasit.

Seperti kata pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, penyakit-penyakit ini bisa diupayakan pencegahannya. Perilaku hidup sehat adalah kuncinya.


Berikut adalah upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, dan parasit.
  1. Gunakan celana dalam yang berbahan katun dan bertekstur lembut. Hindari bahan yang bersifat panas, kurang menyerap keringat dan berbahan ketat.
  2. Bilas dengan bersih organ reproduksi setiap selesai buang air kecil maupun buang air besar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya jamur pada organ reproduksi, . Selanjutnya keringkan sisa air yang masih menempel di kulit menggunakan tisu atau handuk hingga benar-benar kering.
  3. Ganti celana dalam 2 – 3 kali dalam sehari.
  4. Potong rambut di area organ reproduksi secara teratur. Rambut yang terlalu panjang pada organ reproduksi bisa menjadi sarang pertumbuhan kuman.
  5. Ganti pembalut sesering mungkin. Terutama untuk perempuan yang mengalami menstruasi. Pada saat aliran darah haid banyak, disarankan mengganti pembalut minimal setiap 6 jam. Darah yang tertampung pada pembalut bisa menjadi media tumbuhnya kuman penyebab infeksi.
  6. Hindari terlalu sering menggunakan produk pembersih organ kewanitaan. Terutama bagi perempuan. Penggunaan sabun pembersih terlalu berlebihan justru akan mengubah pH vagina. Selain itu akan membunuh bakteri baik (flora normal) di dalam vagina, yang selanjutnya akan memicu tumbuhnya jamur.
  7. Berolahraga secara teratur dan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Selain bermanfaat bagi kesehatan, juga dapat mencegah terjadinya infeksi jamur.

No comments:

Post a Comment