google analitic

Script Google Adsense

Cara Memisahkan Campuran



Kita sudah mempelajari tentang campuran sebelumnya. Kita juga tahu bahwa campuran terdiri atas dua zat atau lebih. Pertanyaannya sekarang, bisakah kita memperoleh zat murni penyusun campuran?

Jawabannya adalah bisa ... banget. Zat- zat dalam campuran dapat dipisahkan secara fisika. Prinsip pemisahan campuran didasarkan pada perbedaan sifat-sifat fisis zat penyusunnya, seperti wujud zat,  titik leleh, titik didih, ukuran partikel, kelarutan, sifat magnetik, dan lain sebagainya.

Metode pemisahan campuran ini antara lain digunakan untuk menjernihkan air dan pembuatan garam. Beberapa metode memisahkan campuran adalah penyaringan (filtrasi), sentrifugasi, sublimasi, kromatografi, dan distilasi. Dalam artikel ini kita akan mempelajari cara pemisahan dengan filtrasi, sentrifugasi, dan juga kromatografi.


Filtrasi (Penyaringan) 


Filtrasi


Filtrasi (penyaringan) adalah salah satu metode pemisahan campuran yang paling sederhana. Filtrasi digunakan untuk memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut berdasarkan pada perbedaan ukuran partikel zat-zat yang bercampur.


Sentrifugasi


Sentrifugasi


Sentrifugasi adalah metode pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan ukuran partikel zat-zat penyusun campuran, sama dengan filtrasi. Bedanya, sentrifugasi digunakan jika partikel padatan yang terdapat dalam campuran memiliki ukuran sangat halus dan jumlah campurannya lebih sedikit.

Pemisahan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih dari plasma darah dilakukan dengan metode sentrifugasi. Sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih yang merupakan padatan akan mengumpul di dasar tabung reaksi, sedangkan plasma darah yang berupa cairan akan berada di bagian atas.


Destilasi (Penyulingan)


Destilasi


Destilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan titik didih zat-zat penyusunnya. Campuran dari dua atau lebih cairan yang mempunyai titik didih berbeda dapat dipisahkan dengan metode destilasi ini.

Dalam dunia industri prinsip destilasi ini digunakan pada penyulingan minyak bumi. Minyak bumi terdiri dari berbagai macam komponen yang berbeda titik didihnya.


Kromatografi


Kromatografi


Kromatografi adalah suatu metode pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel yang bercampur dalam suatu medium diam ketika dialiri suatu medium gerak.

Kromatografi umumnya digunakan untuk mengidentifikasi suatu zat yang berada dalam suatu campuran.

Contohnya untuk mengidentifikasi kandungan zat tertentu dalam suatu bahan makanan, mengidentifikasi hasil pertanian yang tercemar oleh pestisida, memisahkan berbagai zat warna dan tes urine untuk seseorang yang dicurigai menggunakan obat terlarang atau seorang atlet yang dicurigai menggunakan doping.

Kromatografi kertas adalah jenis kromatografi yang paling banyak digunakan. Jenis kromatografi lain adalah kromatografi gas dan kromatografi lapis tipis.

Sublimasi


Sublimasi, sesuai namanya, adalah metode pemisahan campuran yang didasarkan pada campuran zat yang memiliki satu zat yang dapat menyublim (berubah wujud dari wujud padat ke wujud gas) sedangkan zat yang lainnya tidak dapat menyublim.

Contoh sublimasi adalah pemisahan campuran iodin dengan garam.


No comments:

Post a Comment