google analitic

Script Google Adsense

Metabolisme Sel



Metabolisme adalah semua proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Metabolisme disebut reaksi enzimatis karena metabolisme selalu menggunakan enzim sebagai katalisator.

Metabolisme ini terdiri atas reaksi pembentukan/sintesis/anabolisme seperti fotosintesis, serta reaksi penguraian/katabolisme seperti respirasi. Enzim mengarahkan aliran materi melalui jalur-jalur metabolisme dengan cara mempercepat tahapan reaksi (katalisator).




Fotosintesis 


Fotosintesis adalah proses perubahan energi cahaya dari matahari menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa.

Pada proses fotosintesis yang terjadi di daun, terjadi reaksi kimia antara senyawa air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) dibantu oleh cahaya matahari yang diserap oleh klorofil akan menghasilkan oksigen (O2) dan senyawa glukosa (C6H12O6).

Glukosa digunakan sebagai makanan bagi tumbuhan, sementara oksigen yang dihasilkan pada proses fotosintesis sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan.

Respirasi 


Respirasi merupakan suatu proses pembebasan energi dari zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen.

Respirasi menghasilkan energi kimia untuk berlangsungnya kegiatan kehidupan, seperti sintesis (anabolisme), gerak, dan pertumbuhan.

Contoh

Respirasi pada glukosa, reaksi sederhananya

C6H12O6 + O2 à 6CO2 + 6H2O + energi. (glukosa)

No comments:

Post a Comment