google analitic

Script Google Adsense

Pengertian Energi dan Bentuk-Bentuk Energi



"Budayakan hemat energi untuk kelangsungan anak cucu kita kelak"
"Hemat energimu Ferguso, perjalanan ini masih panjang"
"Energinya habis untuk mengejar wanita pujaannya, tapi dia acuh saja ..."

Makhluk apa sih energi itu? Bisakah ia diciptakan? Bisakah ia disimpan dalam tabung? Atau embeeerrr?


Pengertian/Definisi Energi


Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha/kerja atau kemampuan untuk melakukan suatu perubahan.

Manusia membutuhkan energi untuk bekerja, bergerak, bernapas, tidur, memasak, dan mengerjakan banyak hal lainnya. Intinya sekecil apapun usaha yang dilakukan, pastilah membutuhkan energi.


Energi menyebabkan mobil bisa melaju, pesawat bisa terbang, kapal bisa melaut. Energi bisa membuat lampu di rumah menyala, burung bisa terbang, kamu bisa membaca artikel ini, kucing berlarian, ikan berenang, memasak nasi, merebus air. Intinya, energi ada di mana-mana.

Energi ada di mana-mana dan terdapat dalam berbagai bentuk, serta bisa diubah ke dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Kehidupan di dunia ini tak lain adalah sirkulasi energi.

Beberapa contoh bentuk energi adalah energi potensial, energi kinetik, energi kimia, dan energi listrik.

Energi Potensial




Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda/materi karena lokasi atau tempatnya. Contoh energi potensial adalah air dalam bendungan yang memiliki energi potensial karena ketinggiannya.

Benda yang kita letakkan di atas meja memiliki energi potensial gravitasi, sehingga benda dapat bergerak dari meja ke tanah. Pernahkah kamu bermain katapel? Saat kita meregangkan karet katapel, batu di katapel akan mendapat energi. Energi potensial dari batu itulah yang mendorong batu terlempar dari katapel dan membuat kepala temanmu benjol.

Macam Energi Potensial


Ada berbagai macam energi potensial, antara lain energi potensial gravitasi, dan energi potensial elastisitas.

Energi potensial gravitasi bumi adalah energi yang dimiliki suatu benda karena terletak di atas permukaan bumi. Jadi semakin tinggi letak suatu bend, makin besar energi potensial gravitasinya.

Energi potensial elastisitas adalah energi yang tersimpan pada benda yang sedang diregangkan (misalnya, pada karet katapel dan busur panah) atau ditekan (misalnya, pada per). Makin jauh peregangan dan penekanannya, makin besar energinya, makin besar pula benjolan di kepala temanmu.


Energi kinetik




Energi kinetik adalah bentuk energi ketika suatu benda/materi berpindah atau bergerak. Saat benda diam, ia memiliki energi potensial.

Untuk lebih mudah memahami perbedaan energi potensial dan energi kinetik, bayangkan masa kecilmu saat sedang bermain perosotan.

Saat berada di puncak perosotan, energi potensial yang kamu miliki lebih banyak dibandingkan ketika berada pada dasar perosotan, hal ini terjadi karena gravitasi. Energi kinetik akan diubah menjadi energi potensial (energi tersimpan) ketika kamu menaiki perosotan itu. Energi potensial akan kembali diubah menjadi energi kinetik selama kamu meluncur turun.


Energi Kimia


Energi kimia adalah energi yang terkandung dalam suatu benda/zat. Misalnya, nasi memiliki energi kimia, sehingga orang yang makan nasi akan memiliki energi untuk beraktivitas.

Contoh lainnya adalah pertamax turbo dengan kadar oktan 98 yang mengandung energi kimia, sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan mesin beperforma tinggi.


Energi listrik


Energi listrik adalah bentuk energi yang dimiliki oleh muatan listrik dan arus listrik. Energi listrik ini paling banyak digunakan karena mudah diubah menjadi bentuk energi lainnya. Lihat saja di rumahmu, saat kamu menyalakan saklar lampu, energi listrik diubah menjadi energi cahaya dan energi panas, dan banyak lagi contoh lainnya.

Cari, jangan malas.


No comments:

Post a Comment