google analitic

Script Google Adsense

Mengenal Sumber-Sumber Energi



Kita sudah mengetahui definisi energi, kita juga sudah mengetahui beberapa jenis energi. Nah sekarang kita akan mempelajari sumber-sumber energi. Yang dimaksud dengan sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi.

Panas matahari yang digunakan untuk mengeringkan kopi adalah sumber energi. Begitu juga spiritus yang digunakan sebagai sumber bahan bakar saat kita berkemah adalah sumber energi. Listrik untuk menerangi rumah dan arang yang dibakar untuk membakar sate juga merupakan sumber energi.

Semua aktivitas manusia memerlukan energi. Sampai saat ini, bahan bakar minyak bumi dan gas alam adalah sumber energi yang paling banyak digunakan untuk kehidupan manusia.

Sumber Energi Tak Terbarukan 


Sumber energi tak terbarukan adalah sumber energi yang akan habis dalam suatu masa tertentu dan tidak bisa diperbarui. Karena untuk menghasilkan energi ini membutuhkan waktu jutaan tahun. Terlalu lama.

Energi tak terbarukan yang paling banyak digunakan adalah minyak bumi, gas alam, dan batu bara, . Ketiganya digunakan secara luas dalam bidang transportasi, industri, pembangkit listrik, dan banyak lagi.

Energi Hasil Tambang Bumi 


Tambang batu bara dan pengeboran minyak bumi


Minyak bumi, gas alam, dan batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berasal dari hewan dan tumbuhan yang terkubur jutaan tahun di dalam bumi. Untuk mendapatkan sumber-sumber energi ini, harus dilakukan penambangan atau eksploitasi ke dalam perut bumi.

Energi nuklir


reaktor nuklir

Panas yang dihasilkan dari reaksi nuklir digunakan untuk memanaskan air, yang selanjutnya digunakan untuk memutar turbin sehingga dihasilkan energi listrik. Banyak negara memanfaatkan energi nuklir ini sebagai pembangkit listrik

Sumber Energi Terbarukan 


pembangkit tenaga angin dan matahari

Sumber energi tak terbarukan lama kelamaan akan habis. Jika habis, bagaimana kita berkendara ke tempat wisata saat libur tiba?

Untuk itulah mulai dikembangkan berbagai macam peralatan maupun sarana transportasi yang memanfaatkan energi terbarukan sebagai sumber energi. Sumber energi terbarukan antara lain tidal, matahari, angin, air, panas bumi, dan biogas. Biogas diperoleh dari sampah biologis yang diolah melalui sekian proses yang sederhana.



No comments:

Post a Comment