google analitic

Script Google Adsense

Skala Suhu dan Konversi Suhu



Suhu tubuh manusia sehat (badannya, pikirnya lain soal), adalah 37 derajat Celcius. Celcius, adalah salah satu contoh satuan suhu atau skala suhu. Selain Celcius, dikenal pula beberapa skala suhu, misalnya Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin.

Kelvin merupakan skala suhu dalam Satuan Internasional (SI). Skala Kelvin menggunakan nol mutlak, tidak menggunakan "derajat". Pada suhu nol Kelvin, suatu benda tidak memiliki energi panas. Perbedaan antara skala suhu ini adalah pada angka titik tetap bawah dan titik tetap atas pada skala termometer.


Skala Suhu


Selisih antara titik tetap atas dan titik tetap bawah pada skala celcius (C), reamur (R), Fahrenheit (F), dan kelvin (K) adalah: 100, 80, 180, dan 100.

Perbandingan skala suhu 


Selisih titik tetap atas dan titik tetap bawah ini digunakan untuk mengonversi suhu dari satu skala ke skala yang lain. Misal dari skala celcius ke Fahrenheit, kelvin ke celcius, dan beragam kombinasi lain.

Perhatikan berikut ini.



Pusing? Ndak paham? Saya beri contoh aplikasinya untuk mengonversi skala suhu dari Celcius ke Fahrenheit



Maka


Masih ndak paham juga, ini saya beri sekalian contoh soalnya.

Misalkan suhu di bandara udara Juanda Surabaya adalah 35 derajat Celcius.  Berapa derajat suhu ini dalam Fahrenheit agar bisa dipahami oleh wisatawan asal Amerika Serikat?
Suhu (F) = (9/5) 35 (suhu dlm celcius) + 32
= 9*7 + 32
= 63 + 32
= 95 derajat Fahrenheit

Catatan: di Amerika Serikat, skala suhunya menggunakan skala Fahrenheit. Sementara di Indonesia, dan mayoritas negara-negara di dunia, menggunakan skala Celcius.

No comments:

Post a Comment