google analitic

Script Google Adsense

Macam-Macam Perantara Penyerbukan dan Fertilisasi Pada Tumbuhan



Tumbuhan juga mempunyai sel kelamin yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan/reproduksi. Karena itu selain reproduksi vegetatif/aseksual, tumbuhan juga bereproduksi secara generatif/seksual.

Perkembangbiakan generatif/seksual melibatkan sel-sel kelamin. Perkembangbiakan generatif dimulai dengan peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin  betina. Peleburan ini menghasilkan zigot, zigot inilah yang akan berkembang menjadi individu baru.

Perkembangbiakan pada tumbuhan didahului oleh peristiwa penyerbukan yang kemudian diiringi oleh peristiwa pembuahan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya atau sampainya serbuk sari ke kepala putik. Proses penyerbukan ini banyak melibatkan unsur lain di alam.

Berikut adalah perantara penyerbukan pada tumbuhan


Angin (Anemogami)




Anemogami adalah penyerbukan yang dibantu oleh angin . Tanaman dengan bunga berukuran kecil, jumlah bunga banyak dan ringan, serta tidak menghasilkan nektar atau bau merupakan beberapa ciri tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh angin. Contoh tanamannya yaitu jagung dan padi.

Kedua tanaman ini memiliki bunga yang kecil dan tangkai bunga yang mudah bergoyang bila tertiup angin.


Serangga (Entomogami)




Entomogami adalah penyerbukan yang terjadi dengan bantuan serangga. Contohnya adalah penyerbukan bunga matahari dengan perantara lebah madu.

Warna bunga matahari yang cerah sangat menarik bagi lebah untuk hinggap dan mengisap sekitar.

Serbuk sari yang dihasilkan oleh bunga matahari akan lengket pada kaki lebah. Saat lebah yang sama hinggap pada bunga lainnya, serbuk sari itu akan terbawa dan akan menempel pada putik.

Burung (Ornitogami)




Ornitogomi adalah penyerbukan yang terjadi dengan bantuan burung. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh burung pada umumnya bunganya memiliki ukuran yang besar, berwarna merah cerah, tidak berbau, menghasilkan nektar dalam jumlah cukup banyak, dan mahkota bunganya berbentuk terompet, misalnya bunga cangkring atau dadap (Erythrina variegata).

Ukuran bunga yang besar ini berguna untuk menahan berat burung. Namun tidak semua jenis burung dapat membantu penyerbukan. Contoh burung yang dapat membantu penyerbukan adalah burung isap madu (honeyeater) dan burung kolibri.


Kelelawar (Kiropterogami)




Kiropterogami adalah penyerbukan yang terjadi dengan bantuan kelelawar. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu oleh kelelawar adalah  menghasilkan nektar atau sari bunga, memiliki warna menarik, menghasilkan bau, dan mekar pada malam hari. Cisalnya tanaman kaktus.


Manusia (Antropogami)




Antropogami adalah penyerbukan yang terjadi dengan bantuan manusia. Penyerbukan yang dibantu manusia ini biasanya dilakukan pada bunga berumah dua, artinya dalam satu pohon hanya terdapat bunga jantan atau bunga betina saja.

Bisa juga dilakukan pada tanaman yang sulit untuk melakukan penyerbukan sendiri karena serbuk sarinya sulit untuk bertemu dengan putik, misalnya pada bunga vanili dan anggrek.


Fertilisasi pada Tumbuhan


Pada proses penyerbukan, setelah serbuk sari melekat pada kepala putik yang berasal dari tumbuhan yang sejenis, maka serbuk sari akan menyerap air dan kemudian berkecambah membentuk buluh serbuk sari.

Melalui tangkai putik, buluh serbuk sari ini tumbuh dan bergerak menuju bakal buah. Inti sel di dalam buluh serbuk sari akan membelah menjadi dua inti sel generatif. Dua inti sel tersebut akan berkembang menjadi dua inti sel sperma. Satu inti vegetatif di dalam serbuk sari berperan menjadi penuntun buluh serbuk sari ke bakal biji.

Satu inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot, dan satu inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma (cadangan makanan). Pada proses ini terjadi dua kali pembuahan maka proses ini disebut juga dengan pembuahan ganda.

Pembuahan atau fertilisasi tidak akan berlangsung ketika serbuk sari yang tidak berasal dari tumbuhan yang sejenis melekat pada kepala putik (stigma). Ini terjadi karena serbuk sari yang berasal dari tumbuhan lain tidak dapat melekat dengan kuat pada kepala putik.

Satu pelajaran berharga dari alam, bahwa perkawinan haruslah berbeda jenis.


No comments:

Post a Comment