google analitic

Script Google Adsense

Dampak Pencemaran Air bagi Kehidupan



Air yang tercemar, yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak yang tidak menguntungkan bagi lingkungan. Beberapa dampak pencemaran air adalah penurunan kualitas lingkungan, gangguan kesehatan, pemekatan hayati, mempercepat proses kerusakan benda, serta mengganggu pemandangan.

Penurunan Kualitas Lingkungan 


Akibat atau dampak dari pencemaran air salah satunya adalah turunnya kualitas lingkungan. Bahan tercemar yang dibuang secara langsung ke dalam perairan, tanpa diproses terlebih dahulu, dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada perairan tersebut.

Misalnya saja, pembuangan limbah organik menyebabkan meningkatnya mikroorganisme atau meningkatkan kesuburan tanaman air. Tanaman air yang tumbuh subur akan menghambat masuknya cahaya matahari ke dalam air. Akibatnya kandungan oksigen terlarut dalam air akan berkurang, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya.

Gangguan Kesehatan 


Dampak lainnya dari pencemaran air adalah gangguan kesehatan. Air limbah yang tidak dikelola dengan baik pasti akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Tidak tertutup kemungkinan juga bahwa di dalam air limbah tersebut terdapat virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Nyamuk dan lalat yang bersarang pada air limbah yang dapat membawa (vektor) penyakit tertentu.

Contoh penyakit yang ditimbulkan akibat pencemaran air adalah diare, hepatitis A, kolera, disentri, tifus, dan banyak lagi.

Pemekatan Hayati


Dampak pencemaran air yang sering terabaikan adalah pemekatan hayati. Yang dimaksud dengan pemekatan hayati adalah proses meningkatnya kadar bahan pencemar (polutan) yang melewati tubuh berbagai makhluk hidup melalui rangkaian rantai makanan.

Misalnya apabila suatu perairan tercemar oleh bahan beracun, bahan beracun tersebut bisa meresap ke dalam tubuh alga, atau mikroorganisme lainnya. Hewan-hewan kecil (zooplankton) selanjutnya akan memakan alga tersebut, zooplankton akan dimakan oleh ikan-ikan kecil dan kemudian ikan besar akan memakan ikan-ikan kecil.

Apabila ikan-ikan besar tersebut ditangkap oleh manusia dan dimakan/dikonsumsi, maka bahan beracun tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia.

Mempercepat Proses Kerusakan Benda 


Contohnya adalah gas H2S yang dapat mempercepat proses oksidasi (perkaratan) pada besi. Gas ini dihasilkan oleh bakteri anaerob yang mengurai air limbah.

Mengganggu Pemandangan


Perhatikan sebagian sungai-sungai di kota-kota besar yang hampir tertutup oleh sampah. Ini adalah sebuah pemandangan yang mengganggu harmonisasi alam.

No comments:

Post a Comment