google analitic

Script Google Adsense

Mempelajari Penyebab Terjadinya Pemanasan Global (Global Warming)



Berbagai aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil, penebangan dan pembakaran hutan untuk pengalihfungsian menjadi lahan pertanian, pemukiman dan industri akan menyumbangkan karbon dioksida ke atmosfer dalam jumlah yang banyak. Lebih dari beberapa periode, karbon dioksida di atmosfer meningkat sekitar 20%.

Meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca seperti karbon dioksida akan memengaruhi kadar panas di bumi. Banyak dari radiasi matahari yang menyinari permukaan bumi, kemudian direfleksikan/dipantulkan kembali ke atmosfer bumi..

Meningkatnya kadar karbon dioksida di atmosfer selama 150 tahun terakhir membuat para ilmuwan prihatin karena hal tersebut berkaitan erat dengan meningkatnya suhu global. Ilmuwan telah mempelajari bagaimana gas-gas rumah kaca menghangatkan bumi dan bagaimana pembakaran bahan bakar fosil berkontribusi terhadap meningkatnya suhu bumi. Sebagian besar ilmuwan meyakini bahwa pemanasan global telah dimulai dan akan meningkat cepat di era ini.

Lebih dari 100 tahun yang lalu, temperatur rata-rata suhu di permukaan bumi meningkat sekitar 0,6 derajat celcius. Peningkatan temperatur inilah yang disebut dengan pemanasan global.

Pemanasan global (global warming) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi.

Faktor Penyebab Pemanasan Global 


Segala bentuk aktivitas manusia selalu berdampak bagi lingkungan, baik itu membawa dampak positif ataupun dampak negatif. Tak terkecuali dengan kondisi atmosfer bumi kini yang mengalami perubahan akibat aktivitas manusia.

Pembakaran bahan bakar fosil dan penebangan hutan yang masif dapat meningkatkan kadar karbon dioksida di atmosfer. Dikarenakan karbon dioksida adalah salah satu gas rumah kaca, maka meningkatnya kadar karbon dioksida di atmosfer akan berkontribusi terjadinya pemanasan global. Oleh karena itu, setiap tahun kadar karbon dioksida di atmosfer terus menerus meningkat.

Beberapa faktor penyebab terjadinya pemanasan global adalah sebagai berikut
  1. Emisi karbon dioksida yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik. 
  2. Emisi karbon dioksida yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi. 
  3. Emisi gas metana yang berasal dari hewan, lahan pertanian, dan dari dasar laut Arktik. 
  4. Deforestation (penebangan liar) yang disertai dengan pembakaran lahan hutan, dan tidak diikuti reboisasi. 
  5. Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigator (pendingin). 
  6. Meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.


No comments:

Post a Comment