google analitic

Script Google Adsense

Dampak Pemanasan Global dan Cara Penanggulangannya



Aktivitas manusia telah mengubah sifat alami gas rumah kaca di atmosfer. Konsekuensi dari perubahan gas rumah kaca di atmosfer sulit diprediksi, tetapi beberapa dampaknya telah nampak.

Dampak pemanasan global


Dampak pemanasan global adalah:

  1. Temperatur bumi menjadi semakin tinggi, di beberapa wilayah mungkin temperaturnya menjadi lebih tinggi dan di wilayah lainnya mungkin tidak. 
  2. Tingginya temperatur bumi dapat menyebabkan lebih banyak penguapan dan curah hujan secara keseluruhan, tetapi masing- masing wilayah akan bervariasi, beberapa menjadi basah dan bagian lainnya kering. 
  3. Mencairnya glasier yang menyebabkan kadar air laut meningkat. Hal ini juga mengakibatkan daratan pantai yang landai lama kelamaan akan mengalami peningkatan akibat penggenangan air. 
  4. Hilangnya terumbu karang.
    Sebuah laporan tentang terumbu karang menyatakan bahwa dalam kondisi terburuk, populasi karang akan hilang pada tahun 2100 karena meningkatnya suhu dan pengasaman laut. Hal ini membahayakan bagi kelangsungan spesies di laut, karena terumbu karang adalah rumah bagi banyak makhluk laut. Tidak termasuk Aquaman. 
  5. Menurut sebuah penelitian, peningkatan suhu bumi dapat menyebabkan kepunahan lebih dari satu juta spesies.  
  6. Kegagalan panen besar-besaran. Menurut penelitian terbaru, terdapat 90% kemungkinan bahwa 3 miliar orang di seluruh dunia harus memilih antara pergi bersama keluarganya ke tempat yang beriklim baik atau kelaparan akibat perubahan iklim dalam kurun waktu 100 tahun. 
  7. Penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon terdapat di lapisan stratosfer, yaitu sekitar 17-25 km di atas permukaan bumi. Lapisan ozon berfungsi melindungi bumi dari bahaya radiasi sinar ultra violet (UV). Berdasarkan pengamatan satelit, lapisan ozon berangsur-angsur mengalami penipisan sejak pertengahan tahun 1970.

Penyebab terbesar pemanasan global


Penyebab terbesar pemanasan global adalah karbon dioksida yang dilepaskan ketika bahan bakar fosil seperti minyak dan batu bara dibakar untuk menghasilkan energi. Besarnya penggunaan bahan bakar fosil untuk aktivitas manusia akan menyumbangkan peningkatan karbon dioksida di udara.

Kerusakan lapisan ozon adalah salah satu contoh dampak dari aktivitas manusia yang mengganggu keseimbangan alam. Tingginya  polutan di udara menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Usaha penanggulangan pemanasan global


Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan batu bara, minyak, kayu, dan bahan bakar organik lainnya. 
  2. Meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. Mengurangi deforestation (penebangan hutan) 
  3. Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFCs), seperti lemari es, pendingin ruangan, aerosol; dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan. 
  4. Mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan.
    Sebuah penelitian dari Louisiana Tech University mengungkapkan bahwa setiap pepohonan hijau dapat menangkap karbon yang cukup untuk mengimbangi emisi yang dihasilkan dari gas buang pengendara mobil selama setahun. Jadi untuk pembelian satu mobil harusmenanam satu pohon. Mashoookkk...


No comments:

Post a Comment