google analitic

Script Google Adsense

Mempelajari Organ Peredaran Darah: Jantung dan Pembuluh Darah



Sistem peredaran darah pada manusia termasuk dalam peredaran darah tertutup karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Dalam setiap peredaran darah, darah melalui jantung sebanyak dua kali sehingga disebut peredaran darah ganda. Pada peredaran darah ganda ini dikenal peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

  1. Peredaran Darah Kecil. Peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang dimulai dari jantung menuju ke paru-paru dan kemudian kembali lagi ke jantung. 
  2. Peredaran Darah Besar. Peredaran darah besar adalah peredaran darah yang dimulai dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung.

Jantung



Jantung adalah salah satu organ peredaran darah yang sangat penting fungsinya bagi tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah, sehingga darah dapat diedarkan ke seluruh tubuh.

Besar jantung manusia kira-kira sebesar sekepalan tangan. Jantung manusia terdiri atas empat ruangan, yaitu serambi (atrium) kiri, serambi kanan, bilik (ventrikel) kiri, dan bilik kanan. Serambi (atrium) berada di sebelah atas, sedangkan bilik jantung (ventrikel) berada di sebelah bawah. Di antara atrium kiri dan ventrikel kiri terdapat dua buah katup yang disebut bikuspidalis.

Antara atrium kanan dan ventrikel kanan terdapat tiga buah katup yang disebut trikuspidalis. Fungsi trikuspidalis adalah menjaga agar darah dari ventrikel tidak kembali lagi ke atrium. Dinding jantung di bagian vetrikel kiri lebih tebal karena ia berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Saat berdenyut, setiap ruang pada jantung akan mengendur dan terisi darah. Kemudian, otot-otot jantung berkontraksi dan memompa darah keluar ruang jantung. Kedua serambi akan mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, begitu juga kedua bilik akan mengendur dan berkontraksi secara bersama-sama pula.

Darah yang mengandung banyak karbondioksida dari seluruh tubuh mengalir melalui dua pembuluh darah vena besar (vena kava) menuju atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, akan didorong ke ventrikel kanan. Darah dari ventrikel kanan ini akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju paru-paru.

Sementar darah yang mengandung banyak oksigen mengalir melalui vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah yang terjadi di antara bagian kanan jantung, paru-paru, dan atrium kiri ini disebut peredaran darah kecil atau sirkulasi pulmoner. Darah dalam atrum kiri akan didorong menuju ventrikel kiri. Selanjutnya, darah yang mengandung banyak oksigen ini dipompa melewati katup aorta yang masuk ke dalam aorta, yang merupakan arteri terbesar dalam tubuh. Darah kaya oksigen ini kemudian diedarkan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

Pembuluh Darah



Pembuluh darah pada manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Arteri atau pembuluh nadi adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar dari jantung, sedangkan vena atau pembuluh balik, adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk ke dalam jantung.

Arteri berisikan darah yang mengandung banyak oksigen, kecuali arteri paru-paru. Sedangkan vena berisikan darah yang mengandung sedikit oksigen, kecuali yang berasal dari paru-paru. Ujung arteri dan vena ini bercabang-cabang menjadi pembuluh-pembuluh kecil yang disebut pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sebagai penghubung antara arteri dan vena dengan sel-sel tubuh.

Tabel Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena


Pembeda
Pembuluh Nadi (Arteri)
Pembuluh Balik (Vena)
Tempat
Agak tersembunyi di dalam tubuh
Dekat dengan permukaan tubuh, tampak kebiru-biruan
Dinding Pembuluh
Tebal, kuat, elastis
Tipis dan tidak elastis
Aliran Darah
Meninggalkan jantung
Menuju jantung
Denyut
Terasa
Tidak terasa
Katup
Satu pada pangkal jantung
Banyak di sepanjang pembuluh
Darah yang keluar dari pembuluh
Darah memancar
Darah tidak memancar

No comments:

Post a Comment