google analitic

Script Google Adsense

Mengenal Penerapan Listrik Statis Pada Generator Van de Graaff



Generator Van de Graaff adalah mesin pembangkit listrik statis yang biasa dipakai untuk penelitian di laboratorium, untuk mengenalkan listrik statis, maupun untuk hiburan. Generator ini mempunyai prinsip kerja berdasarkan teori listrik statis.

Generator Van de Graaff diciptakan oleh Robert J. Van de Graaff pada tahun 1929. Robert J. Van de Graaff adalah seorang ilmuwan asal Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1901 di Alabama.

Bagian-Bagian Generator Van de Graaff


Generator Van de Graaff terdiri atas:
  1. dua ujung runcing pada bagian atas dan bawah,
  2. sebuah silinder logam di bagian bawah,
  3. sebuah silinder politilen di bagian atas,
  4. sabuk karet yang menghubungkan kedua silinder (poin 2 dan 3),
  5. konduktor berongga yang berbentuk bola (kubah).

Prinsip Kerja Generator Van de Graaff 



Prinsip kerja Generator Van de Graaff ini sama dengan menghasilkan muatan listrik dengan cara menggosok (metode gesekan). Gesekan antara sabuk karet dengan silinder logam pada bagian bawah akan menimbulkan muatan listrik negatif pada sabuk karet.

Sementara gesekan antara sabuk karet dengan silinder politilen pada bagian atas akan menimbulkan muatan listrik positif pada sabuk karet. Gerakan sabuk karet ke atas akan membawa muatan negatif mengalir menuju kubah melalui ujung runcing di bagian atas. Elektron kemudian tersebar menempati seluruh permukaan kubah.

Pada kubah bagian dalam tersebut tidak terdapat elektron. Sementara, gerakan sabuk karet ke bawah membawa muatan positif. Muatan positif sabuk karet ini mengalir melalui ujung runcing bawah ke dalam tanah untuk dinetralkan. Silinder logam bawah ini dijalankan dengan motor listrik, sehingga sabuk karet terus-menerus bergerak, menghasilkan muatan negatif mengalir ke kubah, sehingga terbentuk muatan listrik yang besar pada kubah generator.



No comments:

Post a Comment