google analitic

Script Google Adsense

Mengenal Kelistrikan Pada Sel Saraf Manusia



Tahukah kamu bahwa tubuh manusia juga dialiri oleh arus listrik? Bukan kesetrum, tapi tubuh kita juga dialiri oleh arus listrik, khususnya pada saraf, yaitu dengan adanya impuls listrik. Bahkan ada bidang studi yang khusus mempelajari tentang aliran impuls listrik pada tubuh manusia, yaitu biolistrik.

Tetapi juga jangan membayangkan bahwa tegangan listrik pada tubuh manusia sama dengan tegangan listrik di rumahmu. Kelistrikan pada tubuh kita cuma berkaitan dengan komposisi ion-ion yang terdapat dalam tubuh, bukan seperti listrik yang mengalir layaknya pada kabel listrik di rumah-rumah.

Bagaimana caranya sel saraf menghantarkan impuls listrik? Kemudian bagaimana keadaan sel saraf saat tidak menghantarkan listrik?

Muatan yang ada di luar sel saraf, maupun yang berada di dalam sel saraf tidak akan saling tarik menarik dengan sendirinya karena ada pemisah berupa membran sel saraf. Tarik menarik antar muatan baru akan terjadi ketika ada rangsangan dari neurotransmitter (senyawa organik yang membawa sinyal di antara neuron).


Pada saat sel saraf tidak menghantarkan impuls, muatan positif Na+ akan melingkupi bagian luar membran sel. Dalam kondisi demikian, membran sel saraf bagian luar akan bermuatan listrik positif, sedangkan membran sel bagian dalam akan bermuatan listrik negatif (Cl-).


Sistem saraf terdiri atas sel-sel saraf yang berfungsi untuk menerima, mengolah, dan mengirim rangsangan yang diterima panca indera. Rangsangan ini disebut sebagai impuls.

Bagian-Bagian Sel Saraf


Setiap sel saraf pada manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu badan sel saraf, dendrit, dan akson atau neurit.

Selain itu juga terdapat bagian tambahan yaitu selubung myelin, selubung lemak berlapis-lapis yang dihasilkan oleh sel Schwann. Myelin sebetulnya bukanlah bagian dari sel saraf, tetapi terdiri dari sel pembentuk myelin yang berfungsi menyelubungi akson. Fungsi myelin adalah untuk mempercepat impuls dengan membantu terjadinya loncatan muatan.

Ada dua macam neuron berdasarkan ada atau tidaknya myelin, yaitu neuron yang berselubung myelin dan neuron yang tidak berselubung myelin.



No comments:

Post a Comment