google analitic

Script Google Adsense

Medan Magnet dan Garis-Garis Gaya Magnet



Medan magnet adalah area atau ruang di sekitar magnet yang masih terdapat pengaruh gaya tarik magnet. Makin dekat dengan magnet, makin kuat pula gaya tarik yang dialami suatu benda. Sebaliknya semakin jauh dari magnet, maka makin kecil pula gaya tarik yang dialami benda. Pada tempat tertentu suatu benda bahkan tidak mendapat pengaruh gaya tarik magnet. Dapat dikatakan benda tersebut berada di luar medan magnet.

Medan magnet tak dapat dilihat kasat mata. Namun dapat ditunjukkan keberadaan serta polanya. Cara paling mudah untuk menunjukkan medan magnet adalah dengan menaburkan serbuk besi pada selembar kertas yang di bawahnya terdapat magnet batang.

Letak Medan Magnet



Pada ujung-ujung kutub magnetlah letak medan magnet paling besar. Garis-garis gaya magnetnya sangat rapat pada ujung kutub-kutub magnet. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pasir besi yang dapat ditarik oleh ujung-ujung kutub magnet (lihat gambar).

Garis-Garis Gaya Magnet


Garis-garis gaya magnet selalu keluar dari kutub utara, masuk (menuju) ke kutub selatan. 

Garis-garis yang menggambarkan pola medan magnet disebut dengan garis-garis gaya magnet. Garis-garis gaya magnet tidak pernah berpotongan antara satu dengan lainnya.

Garis-garis gaya magnet ini selalu keluar dari kutub utara, masuk (menuju) ke kutub selatan.

Semakin banyak jumlah garis-garis gaya magnet, maka semakin besar pula kuat medan magnet yang dihasilkan. Apapun bentuk magnetnya, sebuah magnet memiliki medan magnet yang berupa garis lengkung.

Pada dua kutub magnet yang tak sejenis, garis-garis gaya magnet keluar dari kutub utara magnet satu dan masuk ke kutub selatan magnet lain. Maka dari itulah dua kutub magnet yang tidak sejenis akan saling tarik-menarik.


Sedangkan pada dua kutub magnet yang sejenis, garis-garis gaya magnet yang keluar dari kutub utara masing-masing magnet akan saling menolak. Karena arah garis-garis gaya magnet yang berlawanan, terjadilah tolak-menolak antara garis-garis gaya magnet yang keluar dari kedua kutub utara magnet.

Itulah mengapa dua kutub magnet yang sejenis akan saling menolak.



No comments:

Post a Comment