google analitic

Script Google Adsense

Contoh Soal IPA Kelas 8 - Essai Sistem Pencernaan



  1. Kamu pergi ke warung dan memesan nasi, sayur bayam, dengan lauk daging dan tempe, kamu juga memesan jus mangga. Nutrisi apa saja yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kamu pesan?
  2. Suatu bahan makanan ketika diuji menggunakan lugol tidak mengalami perubahan warna, namun ketika diteteskan benedick memunculkan warna merah bata, dan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu. Mengandung nutrisi apa sajakah makanan tersebut? Dan tebak apa kemungkinan nama bahan makanan yang diuji tersebut.
  3. Untuk memenuhi kebutuhan mineral, tidak tepat jika kita mengonsumsi nasi goreng. Kenapa?
  4. Ada dua jenis pencernaan yang terjadi pada tubuh manusia. Jelaskan dan kenapa harus ada dua jenis pencernaan ini.
  5. Sebutkan urutan saluran pencernaan manusia dari awal hingga akhir. 
  6. Makanan yang kita konsumsi bisa mengandung bakteri. Tetapi bakteri ini akan dibunuh saat makanan dicerna. Di manakah tepatnya? Dan apakah yang membunuh bakteri tersebut?
Jawaban

  1. Nasi mengandung karbohidrat; bayam mengandung vitamin B dan C, mineral (kalsium dan besi); daging mengandung protein, vitamin B,  dan mineral (fosfor, besi, dan sodium); tempe yang terbuat dari kedelai mengandung protein; jus mangga mengandung vitamin A dan C.

  2. Karena dengan lugol tidak mengalami perubahan warna, jadi tidak mengandung amilum. Diuji dengan benedick menghasilkan merah bata berarti mengandung gula, diuji menggunakan biuret menghasilkan warna ungu berarti mengandung protein.
    Makanan yang mengandung protein dan gula (dengan demikian karbohidrat), antara lain: kacang-kacangan, susu, tahu, tempe.

  3. Nasi goreng mengandung karbohidrat. Asupan mineral dapat diperoleh antara lain dari daging, telur, sayuran hijau, garam beriodium, ikan laut, wortel, dan pisang.

  4. Pencernaan makanan pada tubuh manusia terjadi melalui pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.
    Pencernaan mekanik terjadi saat di mulut ketika makanan diremas, dikunyah, dan dicampur. Pencernaan kimiawi untuk menguraikan molekul besar makanan menjadi molekul kecil yang dapat diserap tubuh. Pencernaan kimiawi melibatkan enzim-enzim pencernaan.

  5. Urutan saluran pencernaan dari awal sampai akhir: mulut - kerongkongan - lambung - usus halus - usus besar - rektum - anus.

  6. Bakteri di dalam makanan akan dibunuh di dalam lambung, oleh asam lambung (HCl)

1 comment: