google analitic

Script Google Adsense

Mengenal Besaran Pokok Serta Alat Ukurnya



Kita telah mengetahui bahwa besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur. Besaran fisika ini dibagi yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Kali ini kita akan mempelajari besaran pokok serta alat ukur yang digunakan.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan. Tabel berikut menunjukkan besaran pokok beserta satuannya dalam SI (Standar Internasional) serta dalam sistem metrik kecil atau CGS (Centimeter Gram Second)


Besaran pokok, satuan dalam SI, serta singkatannya

Perhatikan tabel di atas. Ambil contoh besaran pokok kuat arus listrik. Kuat arus listrik dinyatakan dengan ampere dalam satuan SI atau MKS, disingkat A. Sementara satuannya dalam sistem CGS adalah stat ampere, disingkat statA.

Kali ini kita akan membatasi pembahasan hanya pada besaran panjang, massa, dan waktu

Panjang


Dalam IPA, panjang adalah jarak antara dua titik. Misalnya, panjang papan tulis adalah jarak antara titik pada ujung-ujung papan tulis, panjang mobil adalah jarak antara titik pada ujung depan dan belakang mobil.

Panjang menggunakan satuan dasar (SI) meter (m). Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon.

Selain meter, panjang juga dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar atau lebih kecil dari meter dengan cara menambahkan awalan-awalan, seperti yang kita bahas dalam artikel Pengukuran, Besaran, dan Satuan.

Dengan demikian, maka
» 1 kilometer (km) = 1.000 meter (m)
» 1 sentimeter (cm) = 1/100 meter (m) atau 0,01 m
Sebaliknya, diperoleh
» 1 m = 1/1.000 km = 0,001 km
» 1 m = 100 cm

Beberapa contoh alat pengukur panjang adalah pita ukur atau metlin, penggaris atau mistar, jangka sorong, dan meteran gulung. Meteran gulung dan penggaris mampu mengukur paling kecil hingga 1 mm, tetapi jangka sorong mampu mengukur sampai 0,1 mm.



Dalam melakukan pengukuran, perhatikan posisi nol alat ukur. Untuk pengukuran panjang, ujung awal benda berimpit dengan angka nol pada alat ukur. Selain itu, posisi mata harus tegak lurus dengan skala yang ditunjuk. Hal ini untuk menghindari kesalahan hasil pembacaan pengukuran.



Massa


Setiap benda tersusun dari materi. Massa benda adalah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda. Dalam SI, massa diukur dalam satuan kilogram (kg). Misalnya, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1 kg.

Neraca Lengan


Dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan istilah “berat” untuk massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Massa suatu benda ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Sebaliknya, berat sangat bergantung pada kedudukan di mana benda tersebut berada.

Mengapa? Karena benda akan memiliki gravitasi yang berbeda di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, saat astronot berada di bulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat dia saat di bumi. Jadi jika astronot tersebut mempunyai massa 60 kg, maka berat astronot tersebut di bulan menjadi 10 kg.
Dalam SI, massa menggunakan satuan dasar kilogram (kg), sedangkan berat menggunakan satuan Newton (N).

Neraca Pegas


Satu kilogram standar (baku) sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum-iridium yang disimpan di Sevres, Paris. Massa 1 kg setara dengan 1 liter air pada suhu 4 derajat Celcius.

Massa suatu benda dapat diukur dengan neraca lengan, sedangkan berat diukur dengan neraca pegas. Neraca lengan dan neraca pegas termasuk jenis neraca mekanik.

Selain kilogram (kg), massa benda juga dinyatakan dalam satuan-satuan lain. Misalnya, gram (g) dan miligram (mg) untuk massa-massa yang kecil; ton (t) dan kuintal (kw) untuk massa-massa yang besar.

» 1 ton = 10 kw = 1.000 kg
» 1 kg = 1.000 g
» 1 g = 1.000 mg

Waktu


Waktu adalah selang antara dua kejadian atau dua peristiwa. Misalnya, waktu hidup seseorang dimulai sejak ia dilahirkan hingga meninggal, waktu perjalanan diukur sejak mulai bergerak sampai dengan akhir gerak (berhenti). Waktu dapat diukur dengan jam tangan atau stopwatch.

Stopwatch


Satuan SI untuk waktu adalah detik atau sekon (s). Satu sekon standar (baku) adalah waktu yang dibutuhkan atom Cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Berdasarkan jam atom ini, hasil pengukuran waktu dalam selang waktu 300 tahun tidak akan bergeser lebih dari satu sekon.

Untuk peristiwa-peristiwa yang selang terjadinya cukup lama, waktu dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar, misalnya menit, jam, hari, bulan, tahun, dan abad.

1 hari = 24 jam
1 jam = 60 menit
1 menit = 60 sekon

Untuk kejadian-kejadian yang cepat sekali, dapat digunakan satuan milisekon (ms) dan mikrosekon (μs).

Materi Terkait :


No comments:

Post a Comment