google analitic

Script Google Adsense

Pengantar IPA Dasar



Dalam keseharian kita, kita berinteraksi dengan beragam makhluk hidup maupun berbagai benda mati. Benda-benda serta makhluk hidup ini akan kita pelajari dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Untuk mempelajari benda-benda di sekitar kita, langkah awalnya dapat dilakukan melalui pengamatan (observasi). Dari pengamatan kemudian berlanjut ke penyelidikan.

Penyelidikan ilmiah melibatkan sejumlah proses yang harus dikuasai, yaitu pengamatan, membuat inferensi, dan mengomunikasikan.

1. Pengamatan

Pengamatan atau observasi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi. Observasi dilakukan dengan menggunakan panca indra, termasuk juga melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang tepat.

2. Membuat Inferensi

Membuat inferensi adalah membuat penjelasan berdasarkan hasil pengamatan. Inferensi ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan antar-aspek yang diamati, serta untuk membuat perkiraan.

3. Mengomunikasikan

Komunikasi adalah satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam penyelidikan ilmiah. Mengomunikasikan hasil penyelidikan ilmiah baik secara lisan, tulisan, maupun grafis, membutuhkan keahlian tersendiri. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam berbagai macam bentuk seperti tabel, grafik, bagan, dan lainnya; gambar dan ilustrasi yang relevan, dan banyak lagi.

Objek yang Dipelajari


Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam semesta dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya. Objek tersebut dapat berupa benda yang sangat kecil (renik), misalnya bakteri, virus, bahkan partikel-partikel penyusun atom, hingga benda-benda yang berukuran sangat besar, misalnya lautan, bumi, matahari hingga jagat raya.

Saat ini, penyelidikan mengenai alam semesta telah menghasilkan berbagai kumpulan pengetahuan yang komplek. Guna memudahkan, para ilmuan menggolongkan pengetahuan-pengetahuan tersebut  menjadi empat (4) golongan, yaitu sebagai berikut.

  1. Fisika, adalah ilmu yang mempelajari mengenai aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya.
  2. Kimia, adalah ilmu yang mempelajari tentang penyusun dan perubahan zat.
  3. Biologi, adalah ilmu yang mempelajari mengenai sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang sangat luas.
  4. Ilmu Bumi dan Antariksa, adalah ilmu yang mempelajari mengenai asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.

Materi Terkait :

No comments:

Post a Comment