google analitic

Script Google Adsense

Gerak Nasti dan Gerak Taksis pada Tumbuhan



Gerak nasti dan gerak taksis merupakan tipe gerak esionom. Kita telah mengetahui dari artikel sebelumnya bahwa gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
Gerak esionom sendiri berdasarkan rangsangannya terbagi menjadi gerak tropisme, gerak nasti, dan gerak taksis. Sebelumnya kita telah mempelajari gerak tropisme, maka pada artikel ini kita akan mempelajari gerak nasti dan gerak taksis.

Gerak Taksis


Gerak taksis adalah gerak (berpindah tempat) seluruh bagian tumbuhan di mana arah geraknya dipengaruhi oleh sumber rangsangan. Gerak taksis biasanya terjadi pada organisme bersel satu.

Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak taksis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kemotaksis dan fototaksis.

Kemotaksis


Kemotaksis adalah gerak taksis tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan kimia. Contoh gerak kemotaksis adalah gerak spermatozoid (sel jantan) menuju sel telur (sel kelamin betina) pada arkegonium tumbuhan lumut dan tumbuhan paku yang terjadi karena tertarik oleh zat gula atau protein yang dihasilkan oleh arkegonium.

Fototaksis


Fototaksis adalah gerak taksis tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contoh gerak fototaksis salah satunya adalah gerak kloroplas ke sisi sel yang memperoleh cahaya.

Gerak Nasti




Gerak nasti adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar, yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Berdasarkan jenis rangsangannya gerak nasti dibedakan menjadi empat, yaitu: niktinasti, fotonasti, dan tigmonasti atau seismonasti.

Gerak Niktinasti


Niktinasti adalah gerak nasti tumbuhan yang terjadi pada malam hari akibat rangsangan dari lingkungan. Contoh gerak niktinasti adalah menguncupnya daun tumbuhan kacang-kacangan (Leguminosae) menjelang petang akibat perubahan tekanan turgor pada tangkai daun.

Gerak Fotonasti


Fotonasti adalah gerak nasti tumbuhan yang terjadi akibat rangsangan cahaya. Contoh gerak fotonasti adalah peristiwa mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari.

Gerak Seismonasti


Seismonasti atau disebut juga tigmonasti adalah gerak nasti tumbuhan yang dipengaruhi oleh getaran atau sentuhan. Menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) saat disentuh adalah salah satu contoh gerak seismonasti.

Gerak Termonasti




Termonasti adalah gerak nasti tumbuhan yang dipengaruhi oleh suhu sebagai rangsangannya.

Peristiwa mekarnya bunga tulip di musim semi adalah salah satu contoh gerak termonasti.

Tatkala musim semi, bunga tulip selalu mekar. Mekarnya bunga tulip ini disebabkan karena suhu udara pada musim semi lebih hangat dibandingkan pada musim dingin.

Gerak Nasti Kompleks


Gerak nasti kompleks adalah gerak pada tumbuhan akibat rangsangan yang diterima lebih dari satu macam.

Contoh gerak nasti kompleks adalah gerak tumbuhan lainnya seperti gerakan membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar air, cahaya, suhu, dan zat kimia (protein dan gula).


No comments:

Post a Comment