google analitic

Script Google Adsense

Struktur dan Fungsi Otot pada Manusia


Otot, tulang, dan sendi, merupakan tiga komponen yang membuat tubuh manusia memiliki kekuatan untuk bergerak. Otot disebut alat gerak aktif karena merupakan penggerak bagian-bagian tubuh. Jaringan otot ini berkontribusi hampir 35 hingga 40 persen terhadap massa tubuh.

Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi (mengerut) dan berelaksasi (mengendur). Pada saat berkontraksi otot menjadi lebih pendek, dan akan memanjang pada saat berelaksasi. Proses kontraksi inilah yang mengakibatkan bagian-bagian tubuh bergerak. Proses kontraksi ini membutuhkan energi.

Otot pada lengan saat berkontraksi (kiri) dan pada saat relaksasi (kanan)

Otot Sadar dan Tidak Sadar 


Otot sadar adalah otot yang bekerja di bawah kesadaran atau yang dikendalikan secara sadar, artinya kita dapat mengendalikan otot-otot ini untuk bekerja ataukah tidak. Contohnya saat makan, menggeleng mengangguk, mengetik, serta aktivitas-aktivitas lainnya yang dilakukan secara sadar.

Sedangkan otot tidak sadar atau bekerja di luar kesadaran adalah otot yang tidak dapat kita kendalikan sendiri secara sadar. Artinya kita tidak dapat mengendalikan otot-otot tersebut untuk bergerak atau tidak. Otot-otot tersebut bekerja terus di luar kesadaran, sampai manusia mati. Contoh aktivitas otot tak sadar antara lain adalah aktivitas otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, serta aktivitas otot-otot lambung untuk mencerna makanan secara mekanik.

Tiga Jenis Jaringan Otot


Ada tiga macam jaringan otot di tubuh manusia, yaitu otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

Otot Jantung (kiri) - Otot Rangka atau Otot Lurik (tengah) - Otot Polos (kanan)

Otot Rangka


Otot rangka atau disebut juga dengan otot lurik adalah otot yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Disebut  otot lurik karena bentuk sel-sel ototnya terlihat bergaris-garis melintang.

Disebut otot rangka karena otot ini melekat pada tulang dengan perantara tendon ( suatu pita tebal, berserabut, dan liat). Otot rangka tergolong otot sadar, cenderung cepat berkontraksi dan cepat pula lelah.

Otot Polos


Otot polos tergolong otot tak sadar. Otot ini terdapat pada dinding organ dalam seperti lambung usus halus, kantung empedu, pembuluh darah, dan rahim.

Otot polos ini berkontraksi dan berelaksasi dengan lambat. Otot polos memiliki sebuah inti pada tiap selnya, berbentuk seperti gelondongan kayu.

Otot Jantung


Otot jantung adalah otot yang terdapat pada jantung. Otot jantung termasuk golongan otot tak sadar seperti halnya otot polos, namun  mempunyai garis-garis seperti otot rangka.

Otot jantung ini berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidup manusia, tanpa henti. Kita bisa mengetahui otot jantung berkontraksi pada saat jantung berdenyut.



No comments:

Post a Comment