google analitic

Script Google Adsense

Karbohidrat, Lemak, dan Protein dalam Makanan


Sebelumnya kita sudah belajar mengenai nutrisi sebagai sumber energi bagi manusia. Kali ini kita akan mempelajari karbohidrat, lemak, dan protein di dalam makanan.


Karbohidrat


Tiap molekul karbohidrat terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Dari satu gram karbohidrat bisa dihasilkan energi sebesar 4,0 – 4,1 kilokalori (kkal).

Ada tiga macam karbohidrat yaitu gula, pati, dan serat.

Jenis-Jenis Karbohidrat


Karbohidrat dapat dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks (bukan karbohidrat mewah, karena ini bukan antonim). Karbohidrat sederhana adalah gula. Contoh makanan yang mengandung gula adalah buah-buahan, madu, dan susu.

Sementara karbohidrat kompleks adalah serat dan pati.  Pati bisa ditemukan dalam kentang serta makanan yang terbuat dari biji-bijian.

Roti gandum atau sereal, sayuran, kacang-kacangan, kacang polong, dan buah-buahan merupakan sumber serat yang baik. Serat sendiri tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan makanan, sehingga dikeluarkan sebagai feses. Serat bukanlah sumber energi bagi tubuh manusia.

Mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan tidak baik bagi manusia. Demikian pula dengan makanan. Mengonsumsi makanan yang  mengandung karbohidrat secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes. Menurut WHO, sebanyak 246 juta orang di dunia mengidap diabetes. Jumlah ini hampir 6% dari populasi orang dewasa di dunia. Diabetes disebut “The Silent Epidemy” karena banyaknya jumlah penderitanya. Penyebab utama peningkatan penderita diabetes adalah gaya hidup. Olahraga dan pengaturan pola makan dapat mengurangi atau menunda timbulnya diabetes lebih dari 50%.

Lalu kenapa tidak ada "Makan Berlebihan Membunuhmu"?

Lemak


Beragam Sumber Lemak

Fungsi Lemak


Fungsi lemak atau lipid adalah:

  1. menyediakan energi sebesar 9 kilokalori/gram; 
  2. melarutkan vitamin A, D, E, K,
  3. menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia.

Lemak dipecah menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol, selama proses pencernaan.

Lemak merupakan unit penyimpanan energi yang baik. Kelebihan energi dari makanan yang dimakan akan diubah menjadi lemak dan disimpan untuk digunakan lain waktu.

Berdasarkan struktur kimianya, lemak bisa dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh.
Lemak tak jenuh biasanya cair pada suhu kamar atau 25 derajat celcius, contohnya adalah minyak nabati dan lemak yang ditemukan dalam biji.

Sedangkan lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar. Sumber minyak tak jenuh adalah daging, susu, keju, minyak kelapa, dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kolesterol darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.


Protein


Tahu dan Tempe Merupakan Sumber Protein yang Sangat Bagus

Protein adalah molekul besar yang terdiri atas sejumlah asam amino. Asam amino terdiri atas karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan terkadang belerang.

Fungsi Protein


Fungsi protein adalah:

  1. sebagai penghasil energi,
  2. untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak, 
  3. pembuat enzim dan hormon, 
  4. pembentuk antibodi. 

Protein bisa berasal dari hewan (protein hewani) dan tumbuhan (protein nabati). Makanan yang mengandung protein hewani antara lain daging, telur, ikan, susu, dan keju. Bahan makanan yang mengandung protein nabati adalah kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya. Tahukah kamu bahwa kedelai yang digunakan sebagai bahan baku tempe dan tahu merupakan salah satu sumber protein terbaik?


No comments:

Post a Comment