google analitic

Script Google Adsense

Bumi



Dahulu orang beranggapan bahwa, bumi adalah pusat alam semesta. Mereka juga meyakini bahwa matahari bergerak mengelilingi bumi. Akan tetapi, keyakinan itu mulai terkikis ketika tahun 1543, Nicholas Copernicus mempublikasikan bahwa bulan bergerak mengelilingi bumi, sedangkan bumi dan planet-planet lainnya bergerak mengelilingi matahari.

Gagasan lainnya yang tidak benar adalah banyak orang meyakini bahwa bumi itu datar. Oleh karena itu, mereka takut apabila mereka berlayar cukup jauh ke laut, mereka akan jatuh dari ujung dunia.

Selama bertahun-tahun para pelaut mengamati bahwa hal yang pertama kali mereka lihat di laut dari sebuah kapal layar adalah puncak kapal. Hal ini menunjukkan bahwa bumi tidak berbentuk datar. Karena jika berbentuk datar, yang teramati pertama kali adalah titik yang semakin membesar. Fakta yang lain, pada tahun 1522, Magelhaen mengadakan pelayaran dengan arah lurus, kemudian dia berhasil kembali ke tempat awal dia berlayar. Bukti bahwa bumi itu bulat.

Astronot dari stasiun luar angkasa telah melihat dengan jelas  bentuk bumi. Ternyata bentuk bumi tidak bulat benar, melainkan sedikit lonjong. Terdapat sedikit tonjolan di bagian khatulistiwa dan terdapat bagian bumi yang rata di bagian kutubnya.

Diameter bumi adalah sekitar 12.742 km.

Rotasi Bumi


Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Sedangkan kala rotasi bumi adalah waktu yang dibutuhkan bumi untuk sekali berputar pada porosnya, yaitu selama 23 jam 56 menit. Bumi berotasi dari arah barat ke timur.

Akibat rotasi bumi adalah sebagai berikut.
  1. Terjadinya siang dan malam
  2. Gerak semu harian matahari. 
  3. Perbedaan waktu. 
  4. Pembelokan arah angin. 
  5. Pembelokan arah arus laut.

Revolusi Bumi



Revolusi bumi adalah perputaran (peredaran) bumi mengelilingi matahari. Sementara kala revolusi bumi adalah waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk sekali berputar mengelilingi matahari, yaitu selama 365,25 hari atau 1 tahun. Arah revolusi bumi berlawanan arah dengan perputaran jarum jam (anti-clockwise).

Akibat dari revolusi bumi, yaitu sebagai berikut.
  1. Terjadinya gerak semu tahunan matahari. 
  2. Perbedaan lamanya siang dan malam. 
  3. Pergantian musim.



No comments:

Post a Comment