google analitic

Script Google Adsense

Ikatan Kovalen


Agar atom-atom berada dalam keadaan stabil, elektron juga dapat digunakan bersama oleh atom-atom. Contoh paling sederhana adalah atom hidrogen (H) yang hanya mempunyai satu elektron.

Gas hidrogen yang ada di alam bukan sebagai H melainkan sebagai H2. Gas H2 mempunyai dua elektron yang digunakan bersama. Jumlah dua elektron tersebut menyerupai elektron terluar gas  helium (He).


Begitu pula dengan atom klor (Cl) yang mempunyai 7 elektron pada tingkat energi atau kulit atom M sehingga kekurangan satu elektron agar menjadi lebih stabil. Untuk melengkapi jumlah elektron menjadi 8 pada kulit terluarnya, atom Cl menggunakan bersama satu elektron dari atom Cl lain sehingga membentuk Cl2.

Pembentukan ikatan kimia melalui penggunaan bersama elektron antar dua atom ini disebut dengan ikatan kovalen. Gas hidrogen dan gas klor pada contoh di atas masing-masing menggunakan bersama satu pasang elektron. Ikatan yang terbentuk antara atom H dengan H atau Cl dengan Cl ditulis dengan lambang H—H atau Cl—Cl. Satu pasang elektron yang digunakan bersama diwakili oleh satu tanda garis (—)

Unsur oksigen (O) dan nitrogen (N), terdapat di alam sebagai gas O2 dan N2. Agar lebih stabil atom O memerlukan 2 elektron agar kulit terluarnya terisi oleh 8 elektron. Agar memenuhi keadaan tersebut, maka atom O menggunakan bersama dua pasang elektron seperti gambar di bawah. Sehingga terbentuklah gas oksigen (O2) dan gas nitrogen (N2).

Ikatan kovalen pada oksigen

Atom nitrogen memiliki 5 elektron pada kulit terluarnya sehingga kekurangan 3 elektron. Karena itu, atom N akan berikatan dengan atom N yang lain menggunakan bersama 3 pasangan elektron. Ikatan kovalen pada gas oksigen dapat dituliskan dengan O=O sedangkan pada gas nitrogen dapat ditulis N ≡  N.

Jangan lupa, banyaknya garis yang menghubungkan kedua atom menunjukkan banyaknya pasangan elektron yang digunakan bersama.

Ikatan kovalen pada nitrogen

Senyawa-senyawa yang atom-atomnya berikatan kovalen disebut senyawa kovalen. Contohnya adalah air dan gas karbondioksida.

Air merupakan senyawa di mana antar atomnya berikatan secara kovalen. Satu atom oksigen mengikat dua atom hidrogen pada molekul air (H2O). Sedangkan pada gas CO2, satu atom C mengikat dua atom O di mana kedua atom ini menggunakan bersama pasangan elektron.

Ikatan kovalen

Istilah:

Ikatan kovalen adalah pembentukan ikatan kimia melalui penggunaan bersama elektron antar dua atom.

Senyawa kovalen adalah senyawa-senyawa yang antar atomnya berikatan kovalen.



No comments:

Post a Comment