google analitic

Script Google Adsense

Kemagnetan Bumi



Tahukah kamu bahwa bumi adalah sebuah magnet raksasa? Medan magnet bumi dapat memengaruhi jarum kompas dan magnet batang yang tergantung bebas.

Seperti halnya magnet, bumi juga memiliki kutub magnet bumi. Kutub utara magnet bumi letaknya di sekitar kutub selatan bumi, sebaliknya kutub selatan magnet bumi terletak di sekitar kutub utara bumi.

Medan magnet bumi dapat digambarkan dengan garis-garis lengkung yang berasal dari kutub selatan bumi menuju kutub utara bumi. Ingatlah bahwa garis-garis gaya magnet keluar dari kutub utara magnet, masuk (menuju) ke kutub selatan magnet. (baca: Medan Magnet dan Garis-Garis Gaya Magnet)

Sudut Inklinasi dan Deklinasi Bumi



Letak kutub magnet bumi tidaklah tepat berada pada kutub utara dan kutub selatan bumi. Melainkan terdapat penyimpangan. Perhatikan gambar di atas, terdapat penyimpangan garis-garis gaya magnet terhadap arah utara-selatan bumi. Sudut penyimpangan ini terdapat dua macam, yaitu sudut inklinasi dan sudut deklinasi.

Sudut deklinasi adalah sudut antara kutub utara bumi dengan kutub selatan magnet bumi. Hal ini dapat diamati pada kompas. Jarum kompas tidak tepat menunjuk arah utara selatan, melainkan melenceng beberapa derajat. Besar sudut deklinasi tidak sama pada semua tempat di bumi. Di daerah dekat khatulistiwa, sudut deklinasi tersebut kecil. Semakin dekat dengan kutub, maka sudut deklinasinya semakin besar.

Sedangkan sudut inklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh medan magnet bumi dengan bidang datar (horizontal) bumi. Hal ini dapat dengan mudah kita lihat pada kompas. Jika kita amati, posisi jarum kompas tidak tepat mendatar dengan permukaan kompas, melainkan menyimpang naik dan turun.

Sudut inklinasi berbeda besarnya pada semua tempat di bumi. Di dekat khatulistiwa, besar sudut inklinasi sama dengan nol. Semakin dekat dengan kutub, maka sudut inklinasinya semakin besar.

Fungsi Medan Magnet Bumi


Aurora sejatinya adalah cahaya plasma karena ionisasi partikel listrik

Medan magnet bumi mempunyai fungsi melindungi penduduk bumi dari radiasi kosmik (partikel listrik yang dihasilkan oleh matahari atau benda-benda langit lainnya) yang mengancam kesehatan. Berkat medan magnet bumi inilah, partikel listrik tidak dapat masuk ke seluruh permukaan bumi, melainkan hanya akan masuk ke kutub-kutub bumi.

Saat menabrak atmosfer bumi, partikel-partikel listrik tersebut akan diionisasi (peristiwa lepasnya elektron dari nukleon) dan membentuk plasma lemah (gas super yang dipanaskan agar elektron terlepas dari nukleon).

Tampilan indah cahaya plasma inilah yang kita kenal sebagai aurora.


No comments:

Post a Comment