google analitic

Script Google Adsense

Penerapan dan Penggunaan Teknologi Listrik di Lingkungan



Saat ini banyak perlengkapan dan peralatan yang memanfaatkan teknologi listrik untuk memudahkan manusia, di antaranya elektrokrdiograf, elektrosepalogram, pembersih gas buang, hingga untuk pengecatan mobil.

Elektrokardiograf (ECG)



Elektrokardiograf adalah alat untuk merekam aktivitas otot jantung. Alat ini bekerja dengan cara merekam sinyal-sinyal listrik dari aktivitas jantung.

Elektrokardiograf memiliki 10 logam, enam di antaranya logam dipasang di dada dan empat logam sisanya dipasang di pergelangan kaki dan tangan. Seluruh logam tersebut dihubungkan pada kabel.

Kabel-kabel inilah yang akan menghantarkan sinyal listrik dari jantung ke alat perekam medis, yaitu osiloskop, sebuah alat untuk menggambarkan bentuk gelombang listrik. Dari hasil pembacaan osiloskop inilah bisa disimpulkan kondisi jantung pasien.

Elektrosepalogram (EEG)



Elektrosepalogram adalah sebuah alat uji untuk menilai kerja otak. Sama seperti sel saraf lainnya, sel-sel otak saling terhubung satu sama lain melalui sinyal-sinyal listrik. Sistem kerja elektrosepalogram mirip dengan elektrokardiograf.

Sinyal- sinyal listrik dari otak akan diterima elektrosepalogram untuk mencitrakan aktivitas otak dan mendeteksi penyakit-penyakit akibat kelainan fungsi kerja otak, misalnya epilepsi.

Pengendap Elektrostatis pada Cerobong Asap

Asap yang keluar dari cerobong saat pengendap elektrostatis diaktifkan (tengah) dan saat dimatikan (kanan).

Pengendap elektrostatis adalah alat  yang berfungsi untuk membersihkan gas buang yang keluar melalui cerobong asap. Dengan menggunakan alat ini, asap yang keluar tidak mengandung partikel-partikel kotor yang dapat mencemari udara. Komponen utama yang ada pada pengendap elektrostatis adalah kawat yang bermuatan negatif, serta pelat logam yang bermuatan positif.

Saat asap kotor melewati kawat yang bermuatan negatif, maka beberapa partikel abu juga akan bermuatan negatif. Kemudian pelat logam yang bermuatan positif akan menarik partikel-partikel abu tersebut hingga membentuk jelaga yang mudah dibersihkan.

Pengecatan Mobil


Saat mengecat mobil, butiran-butiran cat akan bermuatan listrik ketika bergesekan dengan mulut pipa semprot dan udara. Apabila badan mobil diberi muatan yang berlawanan dengan muatan cat, maka butiran-butiran cat tersebut akan tertarik ke badan mobil

Mesin Fotokopi


Selain menerapkan prinsip optik, mesin fotokopi ternyata juga menerapkan konsep listrik statis. Komponen utama pada mesin fotokopi yang menerapkan listrik statis adalah pada tonernya. Toner atau tempat bubuk hitam halus ini sengaja dibuat bermuatan negatif sehingga mudah ditarik oleh kertas.



No comments:

Post a Comment