google analitic

Script Google Adsense

Teks Tanggapan Kritis



Definisi Teks Tanggapan Kritis 


Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisikan gagasan atau ide atau opini mengenai suatu  permasalahan. Teks ini terfokus pada pendapat-pendapat yang menguatkan, melemahkan, dan pendapat dari sudut pandang orang lain.

Pemahaman mendalam tentang fakta sangat dibutuhkan dalam teks tanggapan kritis. Tanggapan yang disampaikan dapat digunakan untuk melemahkan maupun menguatkan pandangan dan pendapat  yang disampaikan dalam teks. Penolakan terhadap pandangan dalam artikel, harus didasarkan pada bukti dan fakta yang kuat.

Bahasa yang disampaikan dalam tanggapan kritis, dapat disampaikan secara lisan maupun disampaikan dalam bentuk tulisan. Tanggapan kritis juga bisa disampaikan lewat sebuah puisi atau cerita pendek. Penggunaan dan pemilihan kata yang tepat dan menarik akan membuat pembaca tertarik untuk mendengar maupun membacanya.

Struktur Teks Tanggapan Kritis


Bagaimanakah stuktur dari teks tanggapan kritis? Dalam struktur teks tanggapan kritis ada tiga bagian penting, yaitu evaluasi, deskripsi dari teks, dan penegasan ulang. Apakah yang dimaksud dengan ketiga bagian tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Evaluasi adalah bagian dari struktur teks tanggapan kritis yang berisi tentang pernyataan – pernyataan umum berkaitan dengan permasalahan yang disampaikan oleh penulis. Evaluasi merupakan bagian awal dari teks tanggapan kritis.

  • Deskripsi teks berisi informasi-informasi yang berkaitan dengan alasan yang digunakan untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan. Bagian ini terdapat pada tengah-tengah teks tanggapan kritis.


  • Penegasan ulang berisi penegasan ulang terhadap sesuatu yang telah diputuskan atau sesuatu yang telah dilakukan oleh seorang individu.
Ketiga struktur di atas (evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang) itulah yang perlu ditunjukkan dalam teks tanggapan kritis untuk membedakannya dengan teks – teks yang lain.

Ciri – Ciri Teks Tanggapan Kritis


Untuk membedakan teks tanggapan kritis dengan jenis teks yang lain, ada beberapa ciri – ciri yang harus diperhatikan. Ciri – ciri tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tanggapan yang disampaikan dalam sebuah bacaan berhubungan dengan kejadian/peristiwa/fenomena yang sedang terjadi di lingkungan sekitar.
  2. Tanggapan yang diberikan oleh penulis berisi tentang fakta dan alasan teks dibuat. Tujuannya adalah untuk memberikan penguatan pada pendapat yang disampaikan/dituliskan.

Perbedaan antara teks tanggapan kritis dengan teks jenis lain dapat dilihat dari peristiwa atau kejadian yang disampaikan yang didasarkan pula pada data atau fakta yang ada.

Kaidah Kebahasaan dalam Teks Tanggapan Kritis


  • Kalimat yang digunakan merupakan kalimat yang bersifat kompleks (terdiri dari 2 verba dan 2 stuktur).
  • Menggunakan konjungsi atau kata penghubung. Konjungsi ini mempunyai fungsi menghubungkan antarkalimat atau antarkata dalam teks tanggapan kritis.
  • Menggunakan pilihan kata yang tepat.
  • Menggunakan rujukan. Tujuannya untuk memberikan penguatan pada pendapat atau argumen yang disampaikan oleh penulis. Ingat bahwa teks tanggapan kritis membutuhkan bukti/-fakta dalam penulisannya.


No comments:

Post a Comment