google analitic

Script Google Adsense

Mengenal Berbagai Macam Zat Adiktif


Kita telah mengenal zat aditif berupa pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap makanan. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang zat adiktif. Zat adiktif adalah bahan yang membuat kita cenderung mengonsumsi kembali makanan atau minuman atau apapun.

Macam-Macam Zat Adiktif


Zat adiktif bisa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu

1. Zat adiktif bukan narkotika dan psikotropika.

Contoh zat adiktif bukan narkotika dan psikotropika adalah teh, kopi, rokok, minuman beralkohol, inhalan (lem, aerosol, pengharum ruangan, dan gas), obat bius, dan lain-lain

2. Zat adiktif narkotika.

Contoh zat adiktif narkotika adalah candu, heroin, kokain, morfin, lisesic acid diethylamid, dan ganja

3. Zat adiktif psikotropika.

Contoh zat adiktif psikotropika adalah ekstasi, sabu-sabu, diazepam, dan lsd (lysergic acid diethylaimide).

Zat Adiktif Bukan Narkotika dan Psikotropika


Teh dan Kopi Mengandung Zat Adiktif

Bahan makanan atau minuman yang mengandung zat adiktif yang kita kenal antara lain pada kopi, teh, dan cokelat. Berikut ini adalah bahan yang mengandung zat adiktif non psikotropika yang ada di sekitar kita.

a. Kafein dalam Teh


Teh mengandung theine dan kafein, karena itulah sebagian dari kita menjadi kurang afdol jika tak mengonsumsi teh setiap hari. Teh aman dan sangat baik untuk dikonsumsi. Selain theine dan kafein, teh juga mengandung teofilin dan teobromin dalam jumlah sedikit.

b. Kafein dalam Kopi


Kandungan kafein dalam kopi lebih tinggi dari teh. Kafein ini dapat meningkatkan respons kewaspadaan pada otak. Karena itu bagi mereka yang kurang konsentrasi, sudah waktunya ngopi.

Selain bagus bagi kesehatan jiwa, mengonsumsi kopi dapat mencegah penyakit Parkinson, sakit kepala, tekanan darah rendah, obesitas, kanker usus, kanker lambung, dan kanker paru-paru.

c. Nikotin


Rokok kretek di Indonesia dibuat dari daun tembakau dan dicampur dengan bunga cengkeh serta berbagai macam bahan aroma. Di dalam rokok terkandung tar dan nikotin. Nikotin ini dapat menyebabkan orang menjadi berkeinginan untuk mengulang dan terus menerus merokok.

Sama seperti teh dan kopi, dan segala sesuatu yang ada di dunia ini, mengonsumsi rokok yang berlebihan tidaklah baik.

Zat Adiktif Narkotika


Narkotika Sangat Berbahaya

Narkotika adalah zat adiktif yang sangat berbahaya dan penggunaannya dilarang di seluruh dunia. Narkotika adalah suatu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, serta dapat menimbulkan ketergantungan.

Ada banyak bahan-bahan yang termasuk dalam narkotika; misalnya opium, kokain, ganja, heroin, dan amphetamin.


Zat Adiktif Psikotropika


Pembuatan Psikotropika (ilustrasi)

Psikotropika adalah zat atau obat baik alamiah maupun sintetis yang bukan merupakan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif, berpengaruh selektif pada saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku seseorang. Psikotropika ini dapat menurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan saraf pusat dan menimbulkan kelainan perilaku, disertai halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, serta perubahan alam perasaan.

Penggunaan psikotropika ini menyebabkan ketergantungan, penggunaannya secara berlebihan dapat menyebabkan kematian. Contoh psikotropika antara lain ekstasi, LSD, diazepam, dan sabu-sabu.



No comments:

Post a Comment