google analitic

Script Google Adsense

Contoh Pewarisan Sifat-Sifat Atau Karakter pada Manusia



Sifat dan atau karakter pada manusia merupakan sesuatu yang diwariskan secara genetik oleh orang tua, sebagaimana yang kita pelajari pada artikel-artikel sebelumnya. Berikut adalah beberapa contoh pewarisan sifat-sifat atau karakter pada manusia yang dapat diamati.

Warna Kulit


Selain paparan matahari, faktor gen juga mempengaruhi warna kulit pada manusia.

Warna kulit dikode oleh banyak gen, namun kita dapat menyederhanakannya menjadi tiga gen saja. Misalnya tiga gen tersebut yaitu gen A, B, C yang mengkode pembentukan pigmen kulit (melanin) sehingga kulit menjadi gelap. Maka variasi atau alternatif gen lain (alela) pada kulit yaitu gen a, b, c.

Orang yang memiliki gen AABBCC akan memiliki kulit yang sangat gelap, sedangkan orang yang memiliki gen aabbcc akan memiliki kulit sangat terang. Orang yang memiliki gen AaBbCc akan memiliki warna kulit sawo matang, seperti warna kulit orang Indonesia.

Bentuk Pertumbuhan Rambut Pada Dahi

Rambut seperti huruf V (a) yang dikontrol oleh gen W, dan rambut tumbuh melingkar biasa (b)

Bentuk pertumbuhan rambut pada dahi ini mungkin tak kita sadari bahwa ini juga merupakan salah satu pewarisan sifat. Ada rambut yang bentuk pertumbuhannya melingkar biasa atau tumbuh seperti huruf “V”.

Tumbuhnya rambut seperti huruf “V” ini dikontrol oleh gen W (diambil dari kata widow’s peak). Gen W ini bersifat dominan, sehingga orang yang memiliki pertumbuhan rambut pada dahi memiliki gen WW (homozigot dominan) atau gen Ww (heterozigot). Sedangkan orang yang tumbuh rambutnya tidak seperti huruf “V” memiliki genotip homozigot resesif (ww).

Cuping Telinga


Cuping telinga terpisah (a) dan melekat (b)

Tipe perlekatan cuping telinga manusia juga dikontrol oleh gen, yaitu gen G untuk cuping telinga terpisah/terlepas dan gen g untuk cuping telinga melekat.

Jadi, seseorang dengan gen dominan G (baik bergenotip GG atau Gg) akan memiliki tipe perlekatan cuping telinga terpisah, sedangkan seseorang dengan genotip gg akan memiliki tipe perlekatan cuping melekat.

Bentuk Rambut


Tipe rambut dikendalikan oleh gen C dan gen s

Ada dua versi gen yang mengendalikan tipe rambut, gen C yang dominan mengkode rambut keriting, dan gen s (resesif) yang mengkode rambut lurus. Bentuk rambut ini merupakan kasus yang menarik yang dikenal sebagai dominansi tidak sempurna.

Artinya, jika kita memiliki salah satu dari kedua jenis gen tersebut (gen C dan gen s), kita akan mendapat campuran dari keduanya yaitu rambut berombak (Cs).

Jadi, orang yang memiliki rambut keriting memiliki genotif CC, orang yang memiliki rambut berombak memiliki genotip Cs, sedangkan yang memiliki rambut lurus bergenotip ss.


No comments:

Post a Comment